Penerapan Pendekatan Lingkungan dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak (Studi Kualitatif Pada Anak Usia 5-6 Tahun)

Authors

  • Khairunnisa Aulia Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Suci Utami Putri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Jojor Renta Maranatha Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jspaud.v6i2.77

Keywords:

kecerdasan naturalis, pendekatan lingkungan, pendidikan anak usia dini

Abstract

Kecerdasan naturalis sangat penting untuk dikembangkan sejak usia dini agar anak menjadi peka terhadap lingkungan sekitarnya, memiliki minat dalam menjaga alam, serta bertanggung jawab untuk merawat dan memelihara hewan dan tumbuhan. Pembinaan kecerdasan naturalis sejak dini tentunya harus dilakukan dengan cara atau metode yang menarik agar anak senang mengikuti dan melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan kecerdasan naturalisnya salah satu metode atau cara yang menarik adalah dengan pendekatan Lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan pendekatan lingkungan dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menujukan bahwa proses penerapan pendekatan lingkungan dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak di sekolah alam Cibinong Bogor ini terintegrasi didalam dan diluar pembelajaran, didalam pembelajaran hal tersebut ditunjukan dengan metode bermain peran menjadi polisi sampah, kegiatan outing class ke TPA, dan kegiatan berocok tanam. Dan untuk diluar pembelajaran adalah dengan adanya kegiatan day camp. Sekolah alam ini juga memiliki faktor sarana dan prasarana yang mendukung untuk penerapan pendekatan lingkungan dalam mengembangkan kecerdasan naturalis anak seperti adanya kolam ikan, kolam pasir, sekolah dan ruang kelas yang di desain dengan terbuka dan di keliling oleh pohon di halamanya.

References

Agustina, D., Nurjannah, A., Harahap, A., Lestari, V., & Hafizhah, Z. (2022). Konstruksi Pemahaman Pentingnya Sarana Prasarana di Sekolah. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1352-1359.

Aisyah, S. (2014). Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Universitas Terbuka

Dianty, W. (2015). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Melalui Bank Sampah Pada Anak TK BINTANG SIWI Boyolali Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://eprints.ums.ac.id/35240/

Hakim, L. (2016). Manajemen sarana dan prasarana sekolah alam. JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan), 1(1), 60-66.

Hamidah, N. (2022). Kepuasan Siswa Terhadap Fasilitas Pendidikan di MTs Negeri Kabupaten Kaur. Jurnal Manajamen Pendidikan, 16(1), 104-113.

Harahap, R. Z. (2015). Etika Islam dalam Mengelola Lingkungan Hidup. Jurnal EduTech : Jurnal Pendidikan dan lmu Sosial, 1(1), 1–13. doi : https://doi.org/10.30596/edutech.v1i01.271

Hendrawati, E. (2013). Pengaruh pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar melalui metode inkuiri terhada hasil belajar siswa SDN I Sribit Delanggupada pelajaran IPS. Jurnal PEDAGOGIA :Jurnal Pendidikan. 2(1), 59-70.

Jamaris, M. (2014). Pengembangan Instrumen Baku Kecerdasan Jamak Anak Usia Dini. Jurnal PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. 25(2), 123–137.

Juniarti, Y. (2015). Peningkatan kecerdasan naturalis melalui metode kunjungan lapangan (field trip). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 267-284.

Khadijah. (2015) . Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.

Monika, K., & Sari, Y., M. (2022). Mengembangkan Kecerdasan Natural Anak Usia Dini Melalui Jurnal Alamku. Jurnal Amal Pendidikan. 3(2), 123-133.

Mustajab, M., Hasan, B., & Lutfiatul, I. (2021). Manajemen Pembelajaran melalui Pendekatan BCCT dalam Meningkatkan Multiple intelligences Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia, 5(2), 2356-1327.

Paloloang, M. F. B. (2014). Penerapan model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1).

Pargusta, P., Wilujeng, I., & Widowati, A. (2016). Keefektifan Pendekatan Pembelajaran Lingkungan Ditinjau Dari Sikap Peduli Lingkungan Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Smp Effectiveness Environmental Learning Approach Reviewed From Environmental Cares Attitude And Learning Outcomes Natural Sciences Junior High School. Jurnal TPACK IPA, 5(6).

Rahmatunnisa, S., & Halimah, S. (2018). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bermain Pasir, Jurnal Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 67-82. https://doi.org/10.24853/yby.2.1.67-82

Rifki, W., A., & Listyaningsih. (2017). Hubungan Ekstrakulikuler Pecinta Alam dengan Sikap Peduli Lingkungan Siswa di SMK 2 Negeri Bojonegoro. Jurnal KMKn : Kajian Moral dan Kewarganegaraan. 5(1), 426-440. https://doi.org/10.26740/kmkn.v5n01.p%25p

Rochmah, L. (2016). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Melalui Bermain Messy Play terhadap Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PEDAGOGIA : Jurnal Pendidikan, 5(1), 47 – 56. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.88

Rusdina, A. (2015). Membumikan Etika Lingkungan Bagi Upaya Membudayakan Pengelolaan Lingkungan yang Bertanggung Jawab. Jurnal Istek, 9(2), 244–263.

Saripudin, A. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 1-18. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1394

Sayangan, Y., V. (2021). Guru Sebagai Strategi Instruksional dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10511-10519

Sofia, A., Chairilsyah, D., & Solfiah, Y. (2022). Pengaruh Kegiatan Bercocok Tanam Terhadap Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Baserah. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 1425-1436. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4872

Subamia, I. D. P., Wahyuni, I. G. A. N. S., & Widiasih, N. N. (2014). Pengembangan Perangkat Penunjang Praktikum IPA SMP Berbasis Lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 47(1). 29-39. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v47i1.4954

Suhirman. (2020). Pengaruh Model Pembelejaran Berbasis Masalah Bermuatan Karakter dan Kecerdasan Naturalis terhadap Literasi Sains Siswa. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 8(1), 170-179.

Sujiono, Y., N. (2013). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta : PT. Indeks

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pedagogia.

Ulfatin, N., Arifin, I., & Aslamiah, A. (2019). Religious Scientific Learning Based on Sentra in School. International Jurnal of innovation, creativity and Change, 5(5).

Utami, F. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Outing Class Terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 551-558.

Wijaya, I. K. W. B. (2018). Menanamkan Konsep Catur Paramita Pada Anak Usia Dini Di Lingkungan Keluarga Dan Sekolah. Jurnal : Jurnal Pratama Widya,

(2), 41–46.

Wijaya, I., & Dewi, P. (2021). Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini melalui Model Pendidikan Lingkungan Unnesco. Jurnal IDEAS : Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 7(3), 97-100.

Yasbiati, Y., Giyartini, R., & Lutfiana, A. (2017). Upaya meningkatkan kecerdasan naturalis melalui kegiatan bercocok tanam di bambim Al-Abror kecamatan mangkubumi kota tasikmalaya. Jurnal PAUD agapedia, 1(2), 203-213.

Downloads

Published

31-07-2023

How to Cite

Putri, K. A., Putri, S. U., & Maranatha, J. R. (2023). Penerapan Pendekatan Lingkungan dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak (Studi Kualitatif Pada Anak Usia 5-6 Tahun). Jurnal Smart Paud, 6(2), 101–112. https://doi.org/10.36709/jspaud.v6i2.77

Issue

Section

Articles