Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Lari Zig-Zag Pada Anak
DOI:
https://doi.org/10.36709/jspaud.v7i`1.167Keywords:
lari zig-zag, motorik kasar, permainanAbstract
Motorik kasar pada anak usia dini perlu dimaksimalkan perannya untuk mengembangkan kebutuhan anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan lari zig-zag pada anak kelompok B TK Wulele. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakulan II siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik dengan jumlah 14 orang anak laki-laki 7 dan 7 anak perempuan. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Pada siklus 1 sesuai dengan lembar observasi aktivitas mengajar guru diperoleh 78,57%. Sedangkan aktivitas belajar anak didik sesuai lembar observasi di peroleh 78,57%. Pada siklus II aktivitas mengajar guru meningkat menjadi 92,86%, sedang aktivitas belajar anak didik meningkat menjadi 92,86%. Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar anak dapat ditingkatkan melalui permainan lari zig-zag di TK Wulele.
Downloads
References
Barokah, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Lari Zig-Zag Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Pendidikan Guru PAUD S-1, 7(7), 613-619.
Gandasari, M. F. (2024). Efektivitas Latihan Permainan Engklek dan Zig-Zag pada Keseimbangan Statis dan Dinamis Anak Tunagrahita. Journal Physical Health Recreation (JPHR), 4(2), 459-465.
Maharintan, B., & Khoiriyati, S. (2021). Pengaruh Gerak Dan Lagu Terhadap Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Kelompok A-1 Di RA Perwanida Bendungan Jati Pacet Mojokerto. Aulada: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 3(2), 210-221. https://e-journal.uac.ac.id/index.php/aulada/article/view/976.
Mahmud, B. (2019). Urgensi stimulasi kemampuan motorik kasar pada anak usia dini. DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan, 12(1), 76-87. http://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/didaktika/article/view/177.
Nofianti, R. (2020). Upaya meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggunting dengan menggunakan pola pada anak usia dini. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 115-130.
Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2020). Meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui pembelajaran gerak dan lagu. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 832-840. https://www.academia.edu/download/102167579/pdf.pdf.
Ramlah, U. (2021). Gangguan kesehatan pada anak usia dini akibat kekurangan gizi dan upaya pencegahannya. Ana'Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 12-25. http://anabulava.org/index.php/abulava/article/view/40.
Sabilla, L. S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kreativitas Bermain Plastisin Di Tk Darul Falah. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(2), 44-55.
Suwanto, W. (2024). Kemampuan Motorik Kasar Siswa Sekolah Dasar Negeri 28 Pontianak. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 7930-7939.
Trisnaningsih, S. I., Wiyasa, I. K. N., Kes, M., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Lari Zig-Zag Berbantuan Kursi Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B Tk Sila Dharma Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 100-109.
Triyanti, T. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Gerak Lokomotor Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri Sari Mulya Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo. ALAYYA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 33-56.
Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis penerapan senam irama dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844-1852.
Utami, N., Saputro, B. A., & Nugroho, A. A. (2022). Peran Guru Abad 21 Dalam Penerapan Permainan Berlari Zig–Zag Membawa Bendera Dan Klasifikasi Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Serta Kognitif Anak Pada Kelompok Usia 4-5 Tahun. Majalah Lontar, 34(2), 99-117.
Wasis, S. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2), 36-41. https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1078.
Wijayanti, D. G. S., Yuwono, C., Irawan, R., & ... (2022). Analisis Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Selama Masa Pandemi di Sekolah Luar Biasa. Journal of Sport, 7(35), 17–26. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jscpe/article/view/54495
Wiranata, I. G. L. A. (2019). Mengoptimalkan perkembangan anak usia dini melalui kegiatan parenting. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 48-56. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1271574&val=16164&title=MENGOPTIMALKAN%20PERKEMBANGAN%20ANAK%20USIA%20DINI%20MELALUI%20KEGIATAN%20PARENTING.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Asreni, Salwiah, Nurhasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.