Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Lari Zig-Zag Pada Anak

Penulis

  • Asreni Universitas Halu Oleo
  • Salwiah Universitas Halu Oleo
  • Nurhasanah Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jspaud.v7i`1.167

Kata Kunci:

lari zig-zag, motorik kasar, permainan

Abstrak

Motorik kasar pada anak usia dini perlu dimaksimalkan perannya untuk mengembangkan kebutuhan anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan lari zig-zag pada anak kelompok B TK Wulele. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakulan II siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik dengan jumlah 14 orang anak laki-laki 7 dan 7 anak perempuan. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Pada siklus 1 sesuai dengan lembar observasi aktivitas mengajar guru diperoleh 78,57%. Sedangkan aktivitas belajar anak didik sesuai lembar observasi di peroleh 78,57%. Pada siklus II aktivitas mengajar guru meningkat menjadi 92,86%, sedang aktivitas belajar anak didik meningkat menjadi 92,86%. Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar anak dapat ditingkatkan melalui permainan lari zig-zag di TK Wulele.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Barokah, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Lari Zig-Zag Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak. Pendidikan Guru PAUD S-1, 7(7), 613-619.

Gandasari, M. F. (2024). Efektivitas Latihan Permainan Engklek dan Zig-Zag pada Keseimbangan Statis dan Dinamis Anak Tunagrahita. Journal Physical Health Recreation (JPHR), 4(2), 459-465.

Maharintan, B., & Khoiriyati, S. (2021). Pengaruh Gerak Dan Lagu Terhadap Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Kelompok A-1 Di RA Perwanida Bendungan Jati Pacet Mojokerto. Aulada: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak, 3(2), 210-221. https://e-journal.uac.ac.id/index.php/aulada/article/view/976.

Mahmud, B. (2019). Urgensi stimulasi kemampuan motorik kasar pada anak usia dini. DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan, 12(1), 76-87. http://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/didaktika/article/view/177.

Nofianti, R. (2020). Upaya meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggunting dengan menggunakan pola pada anak usia dini. Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), 115-130.

Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2020). Meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui pembelajaran gerak dan lagu. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 832-840. https://www.academia.edu/download/102167579/pdf.pdf.

Ramlah, U. (2021). Gangguan kesehatan pada anak usia dini akibat kekurangan gizi dan upaya pencegahannya. Ana'Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 12-25. http://anabulava.org/index.php/abulava/article/view/40.

Sabilla, L. S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kreativitas Bermain Plastisin Di Tk Darul Falah. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(2), 44-55.

Suwanto, W. (2024). Kemampuan Motorik Kasar Siswa Sekolah Dasar Negeri 28 Pontianak. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 7930-7939.

Trisnaningsih, S. I., Wiyasa, I. K. N., Kes, M., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Lari Zig-Zag Berbantuan Kursi Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B Tk Sila Dharma Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 100-109.

Triyanti, T. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Gerak Lokomotor Pada Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak Negeri Sari Mulya Kecamatan Rimbo Ilir Kabupaten Tebo. ALAYYA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 33-56.

Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis penerapan senam irama dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844-1852.

Utami, N., Saputro, B. A., & Nugroho, A. A. (2022). Peran Guru Abad 21 Dalam Penerapan Permainan Berlari Zig–Zag Membawa Bendera Dan Klasifikasi Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Serta Kognitif Anak Pada Kelompok Usia 4-5 Tahun. Majalah Lontar, 34(2), 99-117.

Wasis, S. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2), 36-41. https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/1078.

Wijayanti, D. G. S., Yuwono, C., Irawan, R., & ... (2022). Analisis Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Selama Masa Pandemi di Sekolah Luar Biasa. Journal of Sport, 7(35), 17–26. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jscpe/article/view/54495

Wiranata, I. G. L. A. (2019). Mengoptimalkan perkembangan anak usia dini melalui kegiatan parenting. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 48-56. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1271574&val=16164&title=MENGOPTIMALKAN%20PERKEMBANGAN%20ANAK%20USIA%20DINI%20MELALUI%20KEGIATAN%20PARENTING.

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Asreni, Salwiah, & Nurhasanah. (2024). Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Lari Zig-Zag Pada Anak . Jurnal Smart Paud, 7(`1), 21–34. https://doi.org/10.36709/jspaud.v7i`1.167

Terbitan

Bagian

Articles