Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B

Penulis

  • Iyan Pramudia Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Safiuddin Saranani Universitas Halu Oleo
  • Damsir Dima Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jspaud.v7i`1.168

Kata Kunci:

hasil belajar, media kartu kata bergambar, membaca permulaan

Abstrak

Pengembangan kemampuan kognitif anak usia dini sangat penting dilakukan karena kognitif berhubungan dengan kegiatan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu kata bergambar pada anak kelompok B. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik di kelompok B dengan jumlah 12 orang anak didik yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Aktivitas mengajar guru dari 71% menjadi 92,86%, (2) Aktivitas belajar anak dari 71% menjadi 92,86%, (3) Hasil belajar anak dari 66,67% menjadi 91,67%. Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan dapat ditingkatkan melalui media kartu kata bergambar pada anak TK kelompok B.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal pendidikan anak, 8(1), 29-37. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/26682.

Fatimatuzza'rah, S., Habibi, M. M., Astawa, I. M. S., & Rachmayani, I. (2022). Penggunaan Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Samara Lombok Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Mutiara Pendidikan, 2(1), 8-13. http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/1494

Gumilar, A., Mutaqijn, I., & Yuliyanti, I. (2022). Analisis Penggunaan Media Kartu Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SD Negeri Cengkareng Barat 14 Pagi. TSAQOFAH, 2(5), 508-520. https://ejournal.yasin-alsys.org/tsaqofah/article/view/534.

Hajar, P., Abubakar, S. R., & Hidayah, A. N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Verbal Melalui Media Pop-Up Book: Improving Verbal Ability Through Pop-Up Book Media. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO, 6(1), 33-42.

Hakim, P. R. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Kata Bergambar. Journal of Islamic Early Chilhood Education.1(1). https://oldjournal.iainsurakarta.ac.id/index.php/abna/article/view/3443.

Harahap, M., & Siregar, L. M. (2018). Mengembangkan sumber dan media pembelajaran. Educational, January, 10(2).

Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 3(2), 19-25. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/86.

Kusuma, T. C. (2022). Pengaruh Pendekatan Proyek terhadap Berpikir Kritis Anak Kelompok B di TKIT Adzkia I Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4588-4600. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3572.

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57. https://www.siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188.

Rahayu, F. R. W., & Wardhani, J. D. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak dengan Menggunakan Media Kartu Suku Kata Bergambar. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 688-698. https://murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum/article/view/375.

Setiawan, D., Hardiyani, I. K., Aulia, A., & Hidayat, A. (2022). Memaknai kecerdasan melalui aktivitas seni: analisis kualitatif pengembangan kreativitas pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4507-4518.

Sinaga, D. A., Pasaribu, E., & Silalahi, M. V. (2022). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Tema 2 Kegemaranku Subtema 4 Kelas I. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 4157-4167.

Suryana, D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan media video pembelajaran tematik anak usia dini 5-6 tahun berbasis kearifan lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1077-1094.

Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Yuliantini, S., Widyasanti, N. P., Ariyana, I. K. S., Keban, Y. B., ... & Ayu, P. E. S. (2021). Teori dan aplikasi pendidikan anak usia dini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Yafie, E., & Sutama, I. W. (2019). Pengembangan Kognitif (Sains pada Anak Usia Dini). Universitas Negeri Malang.

Zaafirah, A. N. K., Herman, H., & Rusmayadi, R. (2023). Konsep Multiple Intelegences Perspektif Howard Gardner Pada Pendidikan Anak Usia Dini. PRESCHOOL: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 83-94.

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Pramudia, I., Saranani, M. S., & Dima, D. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Anak Kelompok B . Jurnal Smart Paud, 7(`1), 35–46. https://doi.org/10.36709/jspaud.v7i`1.168

Terbitan

Bagian

Articles