Penggunaan Metode Bermain Gerak dan Lagu Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak
DOI:
https://doi.org/10.36709/jspaud.v7i`1.171Kata Kunci:
hasil belajar, metode bermain gerak dan lagu, rasa percaya diriAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri anak melalui metode bermain gerak dan lagu.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Penelitian ini dilakukan dengan dua Siklus. Tahap-tahap dalam penelitian ini mengikuti prosedur penelitian tindakan Kelas, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi atau pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik Tk Sangia Jaya Desa Kabangka kecamatan Kabangka kabupaten Muna dengan jumlah 12 orang anak laki-laki 5 dan 7 anak perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis deskriptif. Bedasarkan hasil penelitian di temukan bahwa: Pada Siklus I sesuai dengan lembar observasi aktivitas mengajar guru diperoleh 72,27%. Sedangkan aktivitas belajar anak didik sesuai lembar observasi diperoleh 72,27%. Pada siklus II aktivitas mengajar guru meningkat menjadi 90,91%, sedangkan aktivitas belajar anak didik meningkat menjadi 90,91%. Dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus l ke siklus ll . Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan rasa percaya diri anak dapat ditingkatkan melalui metode bermain gerak dan lagu
Unduhan
Referensi
Alam, M., Aziz, J. A., & Sukarsih, E. (2023). Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Gerak dan Lagu di RA Ar Rahmaan Tanah Abang Jakarta Pusat. El-Athfal: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Anak, 3(2), 88-97.
Astuti, E. (2022). Dampak Pemerolehan Bahasa Anak Dalam Berbicara Terhadap Peran Lingkungan. Educatif Journal of Education Research, 4(1), 87-96. http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif/article/view/202.
Djollong, A. F., Sari, A., Junizar, J., Pramanik, N. D., Kustanti, R., & Lubis, A. A. Z. (2023). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia DinI: Teori dan Panduan Komprehensif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Harahap, S. N. H., & Amalina, M. N. (2022). Metode Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini pada Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 1-6.
Indriawati, P., Prasetya, K. H., Sinambela, S. M., & Taufan, I. S. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Sosial pada Anak Usia Dini di TK Cempaka Balikpapan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(03), 521-527. https://jurnal.itscience.org/index.php/educendikia/article/view/1917.
Karmiyanti, R., DS, A. C., & Purwadi, P. (2019). Analisis Home Visit Terhadap Kepercayaan Diri Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Aba 28 Semarang. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1). https://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/163-172.
Kastanja, J., & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Kelompok A1 TK Negeri Pembina Tingkat Nasional. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2171-2180.
Lubis, M. S. A., & Harahap, H. S. (2021). Peranan Ibu Sebagai Sekolah Pertama Bagi Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 6-13. https://www.jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/article/view/772.
Makhmudah, S. (2018). Penguatan peran keluarga dalam pendidikan anak. Martabat, 2(2), 269-286..
Noviampura, F. H., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Percaya Diri Anak melalui Model Bermain Asyik di RA. Al Miffa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2806-2812.
Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2020). Meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui pembelajaran gerak dan lagu. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 832-840.
Ramlah, U. (2021). Gangguan kesehatan pada anak usia dini akibat kekurangan gizi dan upaya pencegahannya. Ana'Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 12-25. http://anabulava.org/index.php/abulava/article/view/40.
Taib, B., Samad, R., Oktaviani, W., & Irham, M. (2022). Implementasi Seni Gerak Dan Lagu Dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-5 Tahun Di PAUD Kemala Bhayangkari. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(2), 1-14.
Wasis, S. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2), 36-41.
Yusnita, N. C., & Shaleha, K. (2024). Kreativitas Gerak dan Lagu Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Al-Mahabbah. Outline Journal of Community Development, 1(3), 92-96. https://journal.outlinepublisher.com/index.php/OJCD/article/view/196.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Wa Ode Nurhayati, Sri Yuliani M, Nur Aeni Muhlisa Dhafet
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.