Meningkatkan Aktivitas Belajar Anak Melalui Penggunaan Media Video
DOI:
https://doi.org/10.36709/jspaud.v6i2.52Kata Kunci:
Anak Usia Dini, belajar, media videoAbstrak
Media video adalah seperangkat komponen atau media yang mampu menampilkan gambar sekaligus suara dalam waktu yang bersamaan. Media video bertujuan untuk menyampaikan materi pembelajaran melalui tayangan gambar gerak yang diproyeksikan membentuk karakter sama dengan obyek aslinya, rangsangan belajar yang baik akan memberikan pengalaman belajar yang efektif. Pemilihan salah satu metode mengajar tertentu akan mempengaruhi jenis media pengajaran yang berdasarkan pada kebutuhan anak begitu juga sebaliknya, untuk menggunakan media tertentu diperlukan metode yang sesuai berdasarkan pada kebutuhan anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media video dalam pembelajaran di PAUD, yang di lakukan PAUD Tahfidzul Qur’an Yurefi. Pemilihan lokasi ini dianggap memiliki pembelajaran yang dilakukan secara efektif dengan menggunakan media video dalam memotivasi belajar anak. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif, dengan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media video dalam aktivitas belajar dapat menarik perhatian, menyenangkan, serta menghilangkan kejenuhan bagi anak didik
Unduhan
Referensi
Aditya, R. A., & Kurniawan, A. R. (2018). Penggunaan Video Pembelajaran Di Sekolah Dasar. (Universitas Jambi).
Afrianti, S., & Musril, H. A. (2020). Perancangan Media Pembelajaran TIK Menggunakan Aplikasi Autoplay Media Studio 8 di SMA Muhammadiyah Padang Panjang. Jurnal Informatika Upgris, 6(2).
Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145-167.
Andriana, K. (2015). Urgensi perencanaan pembelajaran bahasa Arab dalam pendidikan di sekolah. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 1(1).
Ardianto, I (2019). penggunaan Media Video Pembelajaran interaktif Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Rajawali Press.
Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers
Dimyati, M. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Fahri, M. U (2020). Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran. OSF Preprints.
Fahrurozi, S. K., Maryono, D., & Budiyanto, C. (2017). Simple Additive Weighting Method in the Development of a System Assessing the Feasibility of. 1 (2). Indonesian Journal of Informatics Education. 17â, 28.
Fauzan, M. A., & Rahdiyanta, D. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis video pada teori pemesinan Frais. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 2(2), 82-88.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384-2394.
Juannita, E., & Mahyuddin, N. (2022). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3300-3313.
Maymunah, S., & Watini, S. (2021). Pemanfaatan Media Video Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4120-4127.
Muliati, D., Permanasari, A. T., & Sayekti, T. (2017). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun (Penelitian Kualitaif di RA Firdaus I Serang). Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 91-102.
Munadi, Y. (2013). Media pembelajaran sebuah pendekatan baru. Jakarta: REFERENSI (GP Press Group)
Ningrum, A. M., Sayekti, T., & Kusumawardani, R. (2021). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(4), 179-192.
Ningrum, K. D. (2018). Upaya meningkatkan minat belajar siswa melalui penggunaan media audio visual pada siswa kelas V di SDN Manggarai 09 Pagi Jakarta Selatan. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Nurdin, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran terhadap Minat Belajar Siswa pada Materi Mendongeng di Masa Pandemi Covid 19. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 43-52.
Risky, S. M. (2019). Analisis Penggunaan Media Video pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 73-79.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas pembelajaran. Jurnal pendidikan usia dini, 9(1), 15-32.
Sardiman (2014). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Setiawan, T. Y., Arsil, A., & Noviyanti, S. (2021). Pemanfaatan Youtube Pada Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas IIC Sekolah Dasar . (Universitas Jambi).
Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Risnajayanti, Usman, Nurul Idhayani, Zulaeni Esita, Roni Amaludin, Sitti Salma, Wa Ode Sari Amalia
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.