Meningkatkan Etika Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Role Playing

Penulis

  • Husrin Konadi Institut Agama Islam Negeri Takengon
  • Syarifah Ainy Rambe Institut Agama Islam Negeri Takengon

DOI:

https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.9

Kata Kunci:

etika, komunikasi, role playing

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan etika berkomunikasi pada anak usia dini, dengan metode role laying. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada etika berkomunikasi terlihat dari  peningkatan pada siklus 1 dan siklus 2. Penelitian ini menggunakan 3 indikator, pertama anak mampu mengucapkan salam saat masuk kelas, siklus 1 menunjukkan hasil sebesar 65% dari 100% dan pada siklus 2 menunjukkan hasil 80% dari 100%. sehingga terdapat peningkatan antara siklus satu dan siklus 2 sebesar 24%. kedua anak meminjam barang teman dengan izin pemiliknya, pada siklus 1 menunjukkan hasil 45% dari 100% dan pada siklus 2 anak mengalami peningkatan menjadi 78%, sehingga terdapat peningkatan antara siklus 1 dan siklus 2 sebesar 33%. ketiga anak tidak mengganggu teman saat bermain siklus 1 terdapat 53% dan pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 72% sehingga antara siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 19%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ajleaa, N., & Maarof, N. (2018). The Effect of Role-Play and Simulation Approach on Enhancing ESL Oral Communication Skills. International Journal of Research in English Education, 3(3), 63-71.

Angelina, F., Damajanti, M. N., Cahyadi, J., Kristen, U., & Surabaya, P. (2007). Perancangan Cerita Bergambar Interaktif Mengenai Etika Berkomunikasi Terhadap Orang Tua untuk Anak Usia 6-8 Tahun Abstrak Pendahuluan. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4), 1–12.

Anggraini, W., & Putri, A. D. (2019). Penerapan Metode Bermain Peran (Role playing) dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 104–114. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.466

Ani. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Pendidikan Akuntansi Indonesia, VI(1), 87–93.

Arikunto, S. (2019). Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Dharmayanti, P. A. (2013). Teknik Role playing Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Smk. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(3), 256–265.

Hermoyo, P. (2015). Membentuk komunikasi yang efektif pada masa perkembangan anak usia dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 59–67.

Jayamala, A. K. R., Latha, B. L., Preethi, Nirmala N, Tamilselvan, K.,& Priyadhardshini, K. (2018). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitaf. International Journal of Physiology, 6(1).

Kemmis, S., & Taggart, M. R. (2013). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Singapore: Springer.

Mabruri, Z. K., & Aristya, F. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Melalui Penerapan Strategi Role playing Sd N Ploso 1 Pacitan. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 112–117. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.10

Marhamah, N. (2018). Representation of Islamic Communication Ethics in Etnis Gayo Cultural Culture in Aceh Central District (Representasi Etika Komunikasi Islam dalam Budaya Tutur Etnis Gayo di Kabupaten Aceh Tengah). Journal Pekommas, 3(1), 79. https://doi.org/10.30818/jpkm.2018.2030108

Mulyana, D. (2017). Konsep Dan Aplikasi Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Putu. (2016). Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak Kelompok A Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Ganesha, 4(2).

Rahmaniyah, I. (2010). Pendidikan etika: Konsep jiwa dan etika perspektif Ibnu Miskawaih dalam kontribusinya di bidang pendidikan. (UIN-Maliki).

Rista, A. (2021). Hubungan Anak Usia Dini Dengan Perkembangan Kognitif. 22, 6.

Sardila, V. (2015). Implementasi Pengembangan Nilai-nilai Etika Dan Estetika Dalam Pembentukan Pola Perilaku Anak Usia Dini. Risalah, 26(1), 89–93.

Sariyanti, K. (2018). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Anak Kelompok A Tk Katolik St Immaculata Kepanjen Malang. Universitas Muhammadiyah, 3, 36–45.

Siska, Y. (2011). Penerapan metode bermain peran (role playing) dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan berbicara anak usia dini. J. Educ, 1(1), 31–37.

Sulastri, S., & Fahmi. (2019). Peningkatan Karakter Jujur Melalui Kegiatan Role Play pada Anak di TK Aisyiah 4 Beringin Sakti Pagar Alam Selatan. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 69–82. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.51-05

Sutrisna. (2010). Penelitian Tindakan Kelas: Pendidikan Dan Latihan Profesi Guru Mata Pelajaran Bahasa Daerah, Bahan. Retrieved from http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dr-sutrisna-wibawa-mpd/penelitian-tindakan-kelas-plpg2012.pdf

Diterbitkan

2022-07-31

Cara Mengutip

Konadi , H., & Rambe, S. A. (2022). Meningkatkan Etika Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Role Playing. Jurnal Smart Paud, 5(2), 125–130. https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.9

Terbitan

Bagian

Articles