Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Menggambar Bentuk Pada Anak Kelompok B

Authors

  • Fadhila Dewi Nur Aini Universitas Negeri Surabaya
  • Nurul Khotimah Universitas Negeri Surabaya
  • Rachma Hasibuan Universitas Negeri Surabaya
  • Dewi Komalasari Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

bentuk, demonstrasi, menggambar, usia dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan menggambar bentuk pada anak kelompok B yang dilatarbelakangi oleh perlunya peningkatan kemampuan menggambar bentuk pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif menggunakan jenis one group pretest and posttest design. Penelitian ini juga merupakan penelitian populasi dengan populasi penelitian adalah jumlah seluruhanak kelompok B TK Pertiwi II Putren Nganjuk yang berjumlah 14 orang anak. Penelitian dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan dengan pretest 1 kali, treatment  6 kali, dan posttest 1 kali. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh  dari penelitian kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon melalui program komputer IBM SPSS 26. Hasil analisis penelitian menggunakan uji Wilcoxon sangat signifikan yaitu diketahui Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,001 dimana nilai tersebut lebih kecil dari nilai 0,05, (0,001 < 0,05). Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan menggambar bentuk pada anak kelompok B.

References

Asmuddin., Salwiah., & Arwih, M. Z. (2022). Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak-kanak Buton Selatan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3429-3438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2068

Cecep., Waskita, D. T., & Sabilah, N. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belaja Anak Usia Dini melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Tahsinia, 3(1), 63-70. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.313

Hayati, T., & Tawati, A. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Metode Demonstrasi Menggunakan Kerta Kokoru. JAPRA: Jurnal Pendidikan Raudhatul Athafal, 4(2), 30-42. https://doi.org/10.15575/japra.v4i2.12714

Imaji, N. (2021). Hubungan Aktivitas Menggambar Menggunakan Teknik Kering dengan Perkembanga Motorik Halus Anak Usia Dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidika Islam Anak Usia Dini, 4(1), 35-43. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6886

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15-28.

Mahmud, N. (2021). Meningkatkan Krativitas Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Menggambar pada Anak Kelompok A Paud Tuan Guru Alim. Jurnal Ilmiah: Cahaya PAUD, 3(2), 50-54. https://doi.org/10.33387/cp.v3i2.3628

Mukrimah, S. S. (2014). 53 Metode Belajar Pembelajaran. Indonesian University of Education

Pahrul, Y., Hartati, S., & Meilani, S. M. (2019). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal melalui Kegiatan Menggambar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Usia Dini 3(2), 461-469. DOI: 10.31004/obsesi.v3i2.186

Patmiati., & Komalasari, D. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Memeras Pada Anak Usia 3-4 Tahun di Paud Lestari Tambaksari Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 6(3), 1–7.

Tursina, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Dasar Anak Usia DIni melalui Metode Demonstrasi TK Islam Nasrullah. Jurnal Raudhah, 9(1), 141-152. http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.935

Suwarni, A., Machmud, H., Hewi, L., Anhusadar, L. O., & Ediyanti. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Pohon Huruf dengan Metode Demonstrasi pada Anak Usia Dini. Diniyah: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 52-60. http://dx.doi.org/10.31332/dy.v3i2.4529

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2021). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di TK selama Pembelajaran Daring saat Pendemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452-462. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626

Wulansari, M., Mastuti, N. L. P. H., & Indahwati, L. (2021). Pengaruh Stunting Terhadap Pemkembangan Motorik Halus, Motorik Kasar, Bahasa dan Personal Sosial pada Anak Balita Usia 2-5 Tahun di Desa Madiredo Kecamatan Pujo, Kabupaten Malang. Journal of Issues in Midwifery, 5(3), 111-120. https://doi.org/10.21776/ub.JOIM.2021.005.03.2

Downloads

Published

31-07-2023

How to Cite

Aini, F. D. N., Khotimah, N., Hasibuan, R., & Komalasari, D. (2023). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Menggambar Bentuk Pada Anak Kelompok B. Jurnal Smart Paud, 6(2), 53–61. Retrieved from http://smartpaud.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/69

Issue

Section

Articles