Model Pembelajaran Terpadu Jaring Laba-Laba untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

Authors

  • Sri Jumiaty Permatasari Universitas Sulawesi Tenggara
  • Usman Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Roni Amaludin Universitas Muhammadiyah Kendari
  • Jumatin Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jspaud.v6i2.71

Keywords:

jaring laba-laba, kognitif, model pembelajaran terpadu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan kebutuhan lapangan model pembelajaran terpadu tipe jaring laba-laba, untuk mengetahui rancangan model pembelajaran tipe jaring laba-labauntuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun, dan untuk mengetahui apakah model pembelajaran tipe jaring laba-laba untuk meningkatakan perkembangan kognitif anak valid, praktis dan efektif. Jenis Penelitian ini adalah R & D. Teknik analisis pada penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis hasil menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran pada saat ujicoba model pembelajaran terpadu tipe jarring laba-laba untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Kuncup Mekar sudah berada pada kategori praktis atau reliable dengan persentase 76.38%. Respon guru terhadap model pembelajaran terpadu tipe laba-laba untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini di TK Dharma Wanita Kuncup Mekar berada pada kategori positif yaitu “baik/setuju”. Ini terlihat dari hasil analisis data yang menyebutkan bahwa dari empat responden yang memberikan respon 91.79% setuju dan selebihnya sangat setuju. Sedangkan hasil analisis aktivitas anak melalui model pembelajaran terpadu tipe jaring laba-laba untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di Kelompok B TK Dharma Wanita Kuncup Mekar Kabupaten Muna Barat sudah berada pada kategori Sangat tinggi atau efektif dengan 76,3%.

References

Ansori, Y. Z. (2020). Pembinaan Karakter Siswa melalui Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal EDUCATION, 6(1), 177-186. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i1.308

Erfani, M., & Syarifudin, A. S. (2023). Pengaruh Model Pembalajaran Jaring Laba-Laba dengan Media Kutipan Instagram pada Akun Maharapall terhadap Kemampuan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kadur. Journal of Educational Lenguage and Leterature, 1(2), 36-41. https://doi.org/10.21107/jell.v1i2.21358

Hosna, R. (2016). Model Pembelajaran Terpadu Berbasis Permainan Kotak Jaring Laba-Laba untuk Meningkatkan Kesiapan Balajar CALISTUNG Anak Usia Dini pada Kelompok Bermain Paramadina Sidokerto Mojowarno Kabupaten Jombang. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-18. http://jim.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/161

Julika., Mashudi., & Halidjah, S. (2019). Pendekatan Saintif dalam Pembelajaran Menggunakan Model Jaring Laba-Laba di Sekolah Dasar Kabupaten Sambas.Khatilistiwa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(3), 1-9. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v8i3.31550

Latifah, A. (2020). Peran lingkungan dan pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak usia dini. JAPRA: Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 3(2), 101–112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785

Mawardi, U. (2019). Peningkatan Soft Skill Anak Usia Dini melalui Media Mindscape pada Pembelajaran Terpadu Model Nested di Lembaga PAUD Nasyiah Jakarta. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 149-162. https://doi.org/10.24853/yby.3.2.149-162

Novitasari, Y. (2018). Analisis Pemasalahan “Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini”. PAUD Lektura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 82-90. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v2i01.2007

Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dimasa Pandemi Covid-19. IJEC: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 115-124. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557

Retnaningrum, W., & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Permainan Mecari Huruf. Jurnal Tawadu, 5(1), 25-34. https://doi.org/10.52802/twd.v5i1.120

Wondal, R., Samad, R., & Kore, D. (2020). Peran Permainan Ludo dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), 106–116. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2068

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 1(1), 92-111. https://doi.org/10.22460/ts.v1i1p92-111.95

Downloads

Published

31-07-2023

How to Cite

Permatasari, S. J., Usman, Amaludin , R., & Jumatin. (2023). Model Pembelajaran Terpadu Jaring Laba-Laba untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Smart Paud, 6(2), 62–71. https://doi.org/10.36709/jspaud.v6i2.71

Issue

Section

Articles