Pengaruh Gerak Dan Lagu Melalui Media Aplikasi Tik Tok Terhadap Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Mujtahidah Universitas Negeri Semarang
  • Sri Sulatri Dewanti Handayani Universitas Negeri Semarang
  • Emmy Budiartati Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.21

Keywords:

aplikasi Tik Tok, gerak dan lagu, motorik kasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gerak dan lagu melalui media aplikasi Tik Tok terhadap perkembangan fisik motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Lokasi penelitian di Gugus Matahari, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara memiliki 8 lembaga PAUD. Populasi sebanyak 109 anak kelompok B dan sampel sebanyak 52 anak. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara perkembangan fisik motorik Terdapat perbedaan yang signifikan antara perkembangan fisik motorik kasar anak usia 5-6 tahun setelah melalui media aplikasi Tik Tok, di mana kemampuan Anak melakukan koordinasi gerakkan mata, kaki, tangan, kepala dalam menirukan tarian merupakan tertinggi dan selanjutnya kemampuan menggunakan tangan kanan dan kiri. Perbedaan tersebut merupakan perbedaan yang lebih baik yaitu terdapat peningkatan signifikan perkembangan fisik motorik kasar anak usia 5-6 tahun setelah melalui media aplikasi Tik Tok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, N., Filza, D. L., Salsabillah, A. P., Zulfahmi, M. N., & Budi, E. S. (2022). Penerapan Aplikasi Tik Tok Education Holistik Integratif di TK Tarbiyatul Athfal Desa Kecapi Kecamatan Tahunan Jepara. Indonesian Journal of Community Services, 4(1), 83-92.

Afifiyah, S. (2021,). Sejarah dan Fakta tentang Aplikasi Tik Tok. Retrieved 04 Oktober, 2021, from https://www.tagar.id/sejarah-dan-fakta-tentang-aplikasi-Tik Tok.

Azwar, S. (2001). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Buana, T., & Maharani, D. (2020). Penggunaan Aplikasi Tik Tok (Versi Terbaru) dan Kreatifitaas Anak. Jurnal Inovasi, 14(1), 1–10

Gallahue, D. L., Ozmun, J., & Goodway, J. (2012). Understanding Motor Development: Infants, Children, Adolescents, Adults. New York: McGraw-Hill.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: UNDIP.

Halodoc, R. (2018). 4 Gangguan Perkembangan Anak yang Harus Diwaspadai. Retrieved 04 Oktober, 2021, from https://www.halodoc.com/artikel/4-gangguan-perkembangan-anak-yang-harus-diwaspadai.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Gramedia.

Khikmah, N., & Musthofa, M. (2021). Optimalisasi Google Classroom Dalam Pembelajaran Bagi Mahasiswa PGMI UIN Walisongo Semarang. Jurnal Literasi Digital, 1(3), 163-173.

Khoironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hemzanwadi University, 3(1), -12.

Latif, R. A., Kamardin, H., Mohd, K. N. T., & Adam, N. C. (2013). Multiple directorships, board characteristics and firm performance in Malaysia. Management, 3(2), 105-111.

Muthalib, A., Juliana, Wijayanti, D., & Syahputri, P. (2021). Pengaruh Covid-19 Bagi Pendidikan Anak Usia Dini dikaitkan dengan Hadist menuntut Ilmu di TK Islam Najmah Rugayah Darus Medan Helvetia. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 8(1), 9-21. https://doi.org/10.54069/atthiflah.v8i1.120

Nasem, N., Iskandar, Y. Z., & Kusmiati, E. (2022). Meningkatkan Koordinasi Gerak Tangan Anak Usia 5-6 Tahun pada Tari Sunda melalui Aplikasi Tik Tok di PAUD Permata Hati. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1919-1927.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Prayogo, B. H. (2018). Pengaruh Senam Irama Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun di TK Muslimat NU Gesang Kabupaten Lumajang. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 1(2), 108-116.

Rouf, A. M. (2018). Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak melalui Metode Tari Manuk Dadali. Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 6(1), 30-36.

Santoso, S. F. T. (2002). Riset Pemasaran: konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: Alphabet.

Santrock, J. W. (2011). Perkembangan Masa-Hidup Edisi Ketigabelas Jilid I. Jakarta: Erlangga

Setyawan, D. A., Hadi, H., & Royana, I. F. (2018). Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Negeri Pembina Kota Surakarta. Jurnal PENJAKORA, 5(1), 17-27.

Sufren, Y. N. (2014). Belajar Otodidak SPSS Pasti Bisa. Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Utami, A. D. (2021). Fenomena Aplikasi Tik Tok menjadi media hiburan bagi masyarakat dan memunculkan dampak di tengah pandemi covid-19. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 40-47. https://doi.org/10.35326/medialog.v4i1.962

Yuliastuti, S. M., Kurniah, N., & Ardina, M. (2020). Penerapan Metode Latihan Dengan Menggunakan Media Audio Visual Dalam Tari Kreasi Untuk Meningkatkan Motorik Kasar Pada Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 25-30.

Downloads

Published

31-07-2022

How to Cite

Mujtahidah, Handayani , S. S. D., & Budiartati , E. (2022). Pengaruh Gerak Dan Lagu Melalui Media Aplikasi Tik Tok Terhadap Perkembangan Fisik Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Smart Paud, 5(2), 82–90. https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.21