Efektivitas Metode Modelling Simbolik Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.14Keywords:
bahasa ekspresif, modelling, simbolikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran modelling simbolik berbantu boneka terhadap kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan menggunakan desain Pretest-Posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30 anak yang berusia 5-6 tahun di TK PGRI Sarimulyo dan TK PGRI Sarimulyo 02. Data diambil secara purposive sampling pada 30 anak usia 5-6 tahun. Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi kemampuan bahasa ekspresif dengan skala likert 1-4. Uji hipotesis dilakukan mengunakan uji wilcoxon dan uji mann whitney. Analisis hipotesis uji wilcoxon dan uji mann whitney menunjukkan bahwa metode modelling simbolik berbantu boneka terbukti efektif terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan metode modelling simbolik berbantu boneka. Hal ini menunjukkan metode modelling simbolik berbantu boneka terbukti efektif terhadap peningkatan kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini di TK PGRI Sarimulyo.
Downloads
References
Aisy, A. R., & Adzani, H. N. (2019). Pengembangan Kemampuan Menulis pada Anak Usia 4-5 tahun di TK Primagama. Jurnal Pendidikan Anak 8(2), 141-148. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28813
Dewi, D. K. E. (2016). Penerapan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Disiplin Pada Anak Usia 5-6 Tahun. e-Journal PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 4(3). https://doi.org/10.23887/paud.v4i3.8835
Fauzani, B. N. & Mas’udah. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Main Peran Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Kelompok B PG PAUD Surabaya. Jurnal PAUD TERATAI, 5(2), 62-67.
Gerde, H. K., Bingham, G.E., & Wasik, B. A. (2012). “Writing in Early Childhood Classrooms: Guidance for Best Practices”. Early Childhood Education Jurnal, 40(6), 351-359.
1007/s10643-013-0579-4
Haryanti, D., Ashom, K. & Aeni, Q. (2018). Gambaran Perilaku Orang Tua Dalam Stimulasi Pada Anak Yang Mengalami Keterlambatan Perkembangan Usia 0-6 Tahun. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 6(2), 64-70. https://doi.org/10.26714/jkj.6.2.2018.64-70
Indrawati, N. P. V., Suarni, N. K. & Ujianti, P. R. (2016). Implementasi Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anak Kelompok B1. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini UNDIKSHA, 4(2). https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7793
Janawati, D. P. A., Sudiana, N. & Dantes, N. (2013). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kartu Kata dalam Permainan Domino terhadap peningkatan kemampuan membaca menulis Permulaan Siswa. E- Journal Program Pascasarjana Universitas pendidikan Ganesha, 3(1), 1-10.
Kurniawati, N. & Sartinah, E. P. (2016). Pengaruh Metode Bercakap-cakap Berbasis Media Pop-Up Book terhadap Kemampuan Berbicara Anak Kelompok A. PAUD Teratai,5(3), 68-72.
Kusumawati, A. & Sunaria. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan pada Anak Usia 5-6 tahun melalui Permainan Plastisin. YaaBunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 7-12. https://doi.org/10.24853/yby.1.1.7-12
Repita, L. E., Parmiti, D. P. & Tirtayani, L, A. (2016). Implementasi Teknik Modeling Untuk Meminimalisasi Perilaku Bermasalah Oppositional Defiant Pada Anak Kelompok B. Journal PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7635
Rosyidah, N. (2019). Pengaruh Media Bontasi (Boneka Tiga Dimensi) Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun di TK Islam Al-Manar Wiyung Surabaya. Jurnal Paud Teratai Unesa, 1(1), 1-7
Yuswanti, H. & Setiawati, F. A. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Bahasa pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5029-5040. 10.31004/obsesi.v6i5.2908
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Guntur Winangun, Anita Chandra Dewi Sagala, Mila Karmila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.