Peran Lingkungan Keluarga Dalam Perkembangan Bahasa Anak Selama Pandemi Covid-19

Authors

  • Ni Wayan Risna Dewi Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja
  • I Putu Yoga Purandina Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Mpu Kuturan Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.15

Keywords:

anak, lingkungan keluarga, pandemi covid-19, perkembangan bahasa

Abstract

Bahasa memiliki peranan yang sangat penting untuk membantu anak dalam membangun hubungan dengan orang lain. Hal itu tidak terlepas dari kontribusi dan peran lingkungan keluarga dalam mengoptimalkan perkembangan bahasa anak. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran lingkungan keluarga dalam perkembangan bahasa anak di Desa Marga selama pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang dilakukan secara online. Responden dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia 5-6 tahun (kategori TK B) di Desa Marga Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan-Bali dengan jumlah  responden sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran lingkungan keluarga khususnya orang tua dalam mengembangkan kemampuan berbahasa anak dalam aspek menerima bahasa, mengungkapkan bahasa dan keaksaraan awal sudah tergolong baik. Sebanyak 80% orang tua sudah mengajarkan anaknya untuk menerima bahasa dalam konteks memahami informasi yang didengarkan dan sebanyak 20% yang belum mengajarkan. Selanjutnya dalam aspek mengungkapkan bahasa sebanyak 84% orang tua sudah mengajarkan anaknya dan sebanyak 16%  yang belum mengajarkan. Terakhir, sebanyak 72% orang tua sudah mengajarkan anaknya untuk mengenal keaksaraan awal dan sebanyak 28% yang belum mengajarkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, N. (2020). Peranan Orang Tua dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasan dan Sastra, 7(1), 43-54.

Dewi, N. W. R. (2020). Membangun Komunikasi Dan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Mendongeng. Widyalaya: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1 (1), 101-108.

Irwansyah, R., Darmayani, S., Mastikawati, M., Saputro, A. N. C., Wihartanti, L. V., Fauzi, A., Arifudin, O., Purandina, I. P. Y., Latifah, E. D., Septiyani, T., Pangestika, R. R., Fatayah, F., Ayuningtyas, P., Lemba, V. C., & Hartono, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik . (Widina Bhakti Persada Bandung).

Masnipal. (2018). Menjadi Guru PAUD Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Maya. (2020). Psikologi Perkembangan Anak. Yogyakarta: C-Klik Media.

Mudjiono, Hermawan, Hisbaron, Noor Sulistyo, & Ali, S. (1996). Fungsi Keluarga Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini Edisi Ketiga. (Tim Penerjemah Prenadamedia Group, transl). Jakarta: Prenadamedia Group.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 tentang tentang Standar Nasional PAUD. Jakarta: Depdiknas.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 146 Tahun 2014 tentang Tentang Kurikulum 2013 PAUD. Jakarta: Depdiknas.

Purandina, I. P. Y., & Winaya, I. M. A. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Sajawandi, L., Noveni, N. A., & Muslim, A. H. (2022) Analisis Profil Kesiapan Keluarga Dalam Rangka Memfasilitasi Perkembangan Bahasa Anak Di Rumah Pada Saat Pandemi. (Studi Kualitatif Kepada Orang Tua Siswa Sekolah Dasar). Khazanah Pendidikan : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 95-102.

Sari, M. (2018). Peran Orang Tua Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Aulada: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak. 1(2), 37-45.

Sihombing, L.R., Fithri, R., & Wilyanita, N. (2021). Analisis Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid 19. Talenta Journal Journal Of Early Childhood Education, 12(2), 15-23.

Suprapno, S., Herwati, H., Keban, Y. B., Nurhidayati, T., Supriyatno, T., Purandina, I. P. Y., Ridho, A., Fridiyanto, F., Rafli, M., Darojah, R. U., Rohmaniyah, V., & Asy’ari, H. (2021). Pengantar Ilmu Pendidikan. Malang: Literasi Nusantara.

Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Yuliantini, S., Widyasanti, N. P., Ariyana, I. K. S., Keban, Y. B., Mahartini, K. T., Dafiq, N., & Ayu, P. E. S. (2021). Teori dan Aplikasi Pendidikan Anak Usia Dini (I. P. Y. Purandina (ed.)). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Downloads

Published

31-07-2022

How to Cite

Dewi, N. W. R., & Purandina, I. P. Y. (2022). Peran Lingkungan Keluarga Dalam Perkembangan Bahasa Anak Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Smart Paud, 5(2), 99–106. https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.15