Peningkatan Kreativitas Anak Dengan Media Playdough Pada Anak TK Kelompok B
DOI:
https://doi.org/10.36709/jspaud.v7i`1.169Keywords:
hasil belajar, kreativitas, playdoughAbstract
Anak mengalami berbagai tahap perkembangan yang harus dilalui, salah-satunya perkembangan kreativitas. Kreativitas anak sangat penting dikembangkan untuk menyiapkan pendidikan anak sekaligus masa depan anak nantinya oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak dengan media playdough di kelompok B TK Negeri 1 Laompo Kecamatan Batauga Kabupaten Buton Selatan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak di kelompok B TK Negeri 1 Laompo yang berjumlah 15 orang anak, yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan dengan rentang usia 5-6 tahun. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analaisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian di temukan bahwa: (1) aktivitas mengajar guru dari 75% menjadi 91,67%. (2) aktivitas belajar anak dari 75% menjadi 91,67%. (3) hasil belajar anak dari 53,33% menjadi 86,67% dengan demikian terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan playdough dapat meningkatkan kreativitas anak di kelompok B TK Negeri 1 Laompo Kecamatan Batauga Kabupaten Buton Selatan.
Downloads
References
Andriani, P. N., Kustiawan, U., & Maningtyas, R. D. T. (2022). Peningkatan Kreativitas Seni Rupa Anak Melalui Kegiatan Membutsir dengan Media Playdough pada Kelompok B di TK ABA 41 Pambon. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 2(2), 113-123. http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/2143.
Ariska, K. (2021). Pemanfaatan bahan bekas dengan decoupage untuk mengembangkan kreativitas anak usia dini pada pembelajaran online. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 189-200. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/12481.
Endang, E., & Syafrudin, S. (2020). Penggunaan Media Playdough/Plastisin Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Bina Cerdas Desa Runggu Kecamatan Belo. Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 75-113. http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/pelangi/article/download/577/426.
Hidayati, H., Khotimah, T., & Hilyana, F. S. (2021). Pembentukan Karakter Religius, Gemar Membaca, dan Tanggung Jawab pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 5(2), 76-82. https://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/glasser/article/view/1038.
Islamiyah, I., Awad, F. B., & Anhusadar, L. (2020). Outcome Program Bina Keluarga Balita (BKB): Konseling Orang Tua Dalam Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 6(1), 38-55. https://www.academia.edu/download/68541975/1300.pdf.
Lidya, L., Pradana, P. H., & Suwargono, T. (2023). Pengembangan Alat Peraga Playdough untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok B TK Berlian Bondoyudo Lumajang. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education), 6(2), 217-222.
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1560-1566. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1086.
Maharani, A., & Syarif, C. (2022). Manajemen pendidikan karakter dalam pembinaan akhlak peserta didik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 763-769. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2619008&val=13953&title=Manajemen%20Pendidikan%20Karakter%20Dalam%20Pembinaan%20Akhlak%20Peserta%20Didik.
Nurjanah, N. E., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Pudyaningtyas, A. R., Dewi, N. K., & Sholeha, V. (2021). Dampak Aplikasi ScratchJr terhadap Ketrampilan Problem-Solving Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2030-2042. https://www.academia.edu/download/107311091/pdf.pdf.
Nurnawati, I. K. K., Syarifah, A., Windarsih, C. A., & Santana, F. D. T. (2020). Penggunaan Permainan Konstruktif Media Playdough Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Pada Anak Kelompok B. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 3(2), 119-125.
Paputungan, H. (2024). Penggunaan Media Play Dough untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Kelompok B di TK GMIM Joseph Kam Kamenti Kapataran Satu Kecamatan Lembean Timur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(4), 941-944.
Purwati, P., Tahira, A., & Nurkhaliza, S. (2022). Meningkatkan Keterampilan Kognitif dan Kreativitas Anak Usia Dini: Enhancement of Early Childhood Cognitive Skills and Creativity. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(3), 172-176.
Rahayu, H., Yetti, E., & Supriyati, Y. (2020). Meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui pembelajaran gerak dan lagu. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 832-840. https://www.academia.edu/download/102167579/pdf.pdf.
Sari, M., & Aziz, Y. (2016). Peningkatan Kreativitas Anak melalui Bermain Plastisin di Tk Satu Atap Sdn Lamlheu Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3). https://jim.usk.ac.id/paud/article/view/435.
Siregar, N. L., & Harahap, J. Y. (2021). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Bermain Media Playdough Di Paud Thursina Medan. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 6(4), 168-174. http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/1600.
Sumardi, S., Rahman, T., & Gustini, I. S. (2017). Peningkatan kemampuan anak usia dini mengenal lambang bilangan melalui media playdough. Jurnal PAUD Agapedia, 1(2), 190-202.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Marsina, Sitti Rahmaniar Abubakar, Ahid Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.