Pengembangan Media Pembelajaran Bahan Bekas Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.3Keywords:
anak usia dini, bahan bekas, kreativitasAbstract
Pengembangan media pembelajaran bahan bekas merupakan salah satu media yang dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan media bahan bekas yang digunakan untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian adalah 15 anak usia 5-6 tahun dan satu guru. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis penelitian adalah sebagai berikut: (i) perlunya pengembangan media bekas untuk meningkatkan kreativitas pada anak usia dini agar menghasilkan pembelajaran dan karya yang bermakna, (iii) tingkat keefektifan dan kebermanfaatan pengembangan media pembelajaran media bahan bekas untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini menunjukkan kriteria kepraktisan dengan persentase 97,5 %, sedangkan uji kepraktisan menunjukkan kriteria kepraktisan dengan kategori tinggi.
Downloads
References
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Azwar. (2018). Reabilitas dan Validitas. Yogyakarta: pustaka pelajar.
Darmiatun, S., & Mayar, F. (2019). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Bahan Bekas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 257. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.327
Efiawati, Fauziyah, D. N., Syafrida, R., & Parapat, A. (2021). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini Di PAUD MPA Daycare. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 172-186.
Fadlillah, M. (2016). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz.
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200
Fransiska, F., & Suparno, S. (2019). Pengasuhan Anak Usia Dini Pada Keluarga Dayak Desa Di Rumah Betang Ensaid Panjang. Jurnal Golden Age, 3(2), 95. https://doi.org/10.29408/goldenage.v3i02.1655
Hanafi, S. H., & Sujarwo, S. (2015). Upaya meningkatkan kreativitas anak dengan memanfaatkan media barang bekas di TK Kota Bima. Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 215. https://doi.org/10.21831/jppm.v2i2.6360
Jaya, P. R. P. (2019). Pengolahan Hasil Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia DIini, 2(1), 76–83.
Laila, A., & Shari, S. (2016). Peningkatan kreativitas mahasiswa dalam pemanfaatan barang-barang bekas pada mata kuliah media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2), 1–15. http://efektor.unpkediri.ac.id
Munandar, U. (2009). Pengembangan kreativitas anak. Jakarta. Penerbit Rineke Cipta
Nirmala, I., & Putri, F. E. (2015). Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Pemanfaatan Barang Bekas. Pendidikan Pascasarjana Magister PAI, 2(1), 125–144.
Puri, H., Kartika, C., & Suryandari, H. S. B. (2014). Penggunaan Media Bahan Bekas Untuk Meningkatkan Keterampilan Meronce. 3, 1–10.
Sagala, R., & Kamtini. (2019). Pengaruh Kegiatan Mencetak Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B Di TK Assisi Medan Tahun ajaran 2018/2019. Jurnal Usia Dini, 5(2), 30-38.
Sjamsir, H., Sutriany Jafar, F., & Nurjanah, A. (2018). Peningkatan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pemanfaatan Barang Bekas Di Tk Islam Al-Kautsar Samarinda. Ijeces: Early Childhood Education Journal of Indonesia, 1(2).
Susanti, T., Sofia, A., & Utaminingsih, D. (2018). Bermain Pembangunan Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1).
Yuni, R., Hayati, F., & Amelia, L. (2020). Pengembangan Media Kreatif Barang Bekas Untuk Melatih Kreativitas Anak Kelompok B Di Tk Cut Meutia Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hikrawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.