Pengembangan Busy Book Learning Media Dalam Pembelajaran Bahasa Keaksaraan Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Efrida Ita Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti
  • Konstantinus Dua Dhiu Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.4

Keywords:

bahasa keaksaraan, busy book, media pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media busy book dan mengetahui kelayakan dari produk tersebut pada pembelajaran bahasa keaksaraan pada anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun di TKK Caritas Maukeli. Analisis data digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan menunjukan bahwa media pembelajaran busy book yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak dikategorikan layak berdasarkan semua aspek yang sudah divalidasi dan diuji coba. Pada validasi ahli materi dengan hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli materi dengan total skor 93% berada pada kategori sangat valid, pada penilaian oleh  ahli media dengan total skor 80% berada pada kategori valid, pada penilaian oleh ahli desain pembelajaran dengan total skor 83% berada pada kategori valid, pada penilaian uji coba perorangan yang melibatkan dua orang anak memperoleh skor 90% dan dikategorikan sangat valid dan pada uji coba kelompok kecil melibatkan 5 orang anak dengan total skor 82,8% dan dikategorikan valid. Oleh karena itu, pengembangan media pembelajaran busy book untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak kelompok B layak digunakan di TKK Caritas Maukeli.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amini. (2016). Meningkatkan kemampuan keaksaraan reseptif anak melalui permainan pola suku kata di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 673-683. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12362

Christianti, M. (2015). Membaca dan menulis permulaan untuk anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 2(2), 312-317. https://doi.org/10.21831/jpa.v2i2.3042

Due, G., & Ita, E. (2019). Pengembangan media pembelajaran apron hitung untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak. Jurnal Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak usia Dini, 2(2), 14-31.

Fakhira, D., Fahruddin, Rahmyani, I., & Astini, B. N. (2022). Identifikasi perkembangan bahasa keaksaraan anak kelompok A di TK Raudatush Shibyan Ampenan. Jurnal of Classroom Action research, 4(2), 140-143.

Fitriyah, Q. Z, Purnama, S., Febrianta, Y., Suismanto, & Aziz, H. (2022). Pengembangan media busy book dalam pembelajaran motorik halus anak usia 4-5 tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 719-727.

Firdaus, M. K., & Handayani, D. A. P. (2021). Meningkatkan kemampuan mengenal huruf anak usia dini melalui media busy book 3 D. Jurnal Pendidikan Anak usia Dini Undiksha, 9(1), 53-61.

Fono, Y. M & Ita, E. (2021). Pemanfataan media pembelajaran loose parts untuk menstimulus kreativitas anak kelompok B di Kober PAUD Peupado Malanuza. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9290-9299.

Hasan, M. (2009). Pendidikan anak usia dini. Jogjakarta: Diva Press.

Ita, E. (2018). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di TK Rutosoro Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada Flores Nusa Tenggara Timur. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 45-52.

Ita, E. (2021). Manajemen program parenting pada masa pandemi covid-19. Jurnal Smart Paud, 4(2), 165-173.

Ita, E. (2022). Buku ajar manajemen PAUD. Bandung: Penerbit Media Sains Indonesia.

Mufliharsi, R. (2017). Pemanfaatan busy book pada kosakata anak usia dini di PAUD Swadaya PKK. Jurnal Metamorfosa , 5(2), 146-155.

Novita, Y., Bastian, A., & Putri, A. A. (2019). Analisis pengembangan bahasa Inggris awal anak usia 5-6 tahun. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 111-118.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.

Putri, E. I. E., Fikriyah, D. A., & Wahyuningsih, R. (2020). Implementasi media pembelajaran busy book untuk meningkatkan kognitif anak usia dini dalam mengenal konsep bilangan di kelompok A RA Insan mubarok. Jurnal Pendidikan Islam Anak usia Dini, 1(2), 55-65.

Sadiman, A. S. (2012). Media pendidikan: pengertian, pengembangan dan

pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ulfa, A. A. (2017). Pembuatan dan pemanfaatan busy book dalam mempercepat kemampuan membaca untuk anak usia dini di PAUD Budi Luhur Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, 6(1), 28-37.

Wibiarani, S. (2018). Penggunaan busy book dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini di era milenial. Jurnal SENDIKA: Seminar Nasional Pendidikan FKIP AUD, 2(1).

Zulfa, L. A. (2019). Peran interaksi social terhadap kemampuan berkomunikasi Bahasa Indonesia mahasiswa Thailand. Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak, 3(2), 297-320. https://doi.org/10.21274/martabat.2019.3.2.297-320

Downloads

Published

31-07-2022

How to Cite

Ita, E., & Dhiu, K. D. (2022). Pengembangan Busy Book Learning Media Dalam Pembelajaran Bahasa Keaksaraan Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Smart Paud, 5(2), 149–155. https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.4