Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Instrumen Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini

Authors

  • Theresia Alviani Sum UNIKA Santu Paulus Ruteng
  • Anastasia Widia Ratna UNIKA Santu Paulus Ruteng

DOI:

https://doi.org/10.36709/jspaud.v6i1.51

Keywords:

Anak Usia Dini, instrumen penilaian, kemampuan guru

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan guru yang kurang memahami penilaian dan belum mampu mengaplikasikan secara tepat teknik penilaian dalam rangka mengumpulkan data-data penilaian perkembangan AUD. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru terkait penilaian perkembangan AUD serta kemampuan guru dalam merancang instrumen penilaian perkembangan AUD. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan: guru di TK Negeri Mano cukup memahami penilaian perkembangan anak usia dini.  Pengetahuan tentang hakikat penilaian secara umum seperti; jenis teknik penilaian, prinsip, prosedur dalam   melakukan   penilaian, sasaran, cara memilih dan menentukan teknik penilaian diketahui guru walau hanya seadanya atau tidak dalam cakupan yang luas dan mendalam. Hal  ini secara jelas dapat dilihat dari instrumen penilaian yang dibuat oleh guru seperti; tampilan  format  penilaian  yang  tidak  rapih  dan  tidak  memiliki kelengkapan komponen, penilaian dibuat seadanya, beberapa indikator memang dipilih  dengan  tepat  tetapi  rancangan  kegiatan  harian  tidak  sesuai  dengan tema/sub tema/sub-sub tema, bunyi indikator penilaian sesuai dengan apa yang telah direncanakan pada RPPM dan RPPH tetapi indikator tersebut tidak sesuai dengan tahapan perkembangan anak.

References

Diana, F. A., Jampel, I. N., & Antara, P. A. (2021). Instrumen Penilaian Kelincahan Tubuh Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 423–430. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.39117

Fadillah, S., Wahyuni, S., & Putri, A. A. (2021). Pelaksanaan Asesmen Perkembangan Anak Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal ABDI PAUD. https://ejournal.unib.ac.id/abdipaud/article/view/16563

Handayani, I. N. (2021). Implementasi Penilaian Autentik (Authentic Assessment) Dalam Kurikulum 2013 Di Paud Terpadu ’Aisyiyah Nur’aini Ngampilan Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 1-14.

Hardiyanti, D. (2021). Bermain: Perspektif Tentang Pengalaman Bermain Guru PAUD dan Praktik Bermain Pada Pembelajaran di PAUD. Sentra Cendekia, 2(2), 38-49. doi:10.31331/sencenivet.v2i2.1762

Herlina. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Journal of Educational Research, 1(1), 123–136. https://doi.org/10.56436/jer.v1i1.25

Khotimah, K., & Indri, D. B. M. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Sikap Kreativitas Anak Usia Dini Di Masa Pandemi. INCARE : International Journal of Educational Resources, 2(5), 500-512.

Kiki Mundia Sari, H. S. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478

NurAzizah, R. (2021). Kesulitan dan Tantangan Guru Dalam Mengevaluasi Aspek-Aspek Perkembangan AUD. Retrieved from https://www.kompasiana.com/rezana/6189452bffe7b51d18249432/kesulitan-dan-tantangan-guru-dalam-mengevaluasi-aspek-aspek-perkembangan-aud

Nurfadilah & Rohita. (2017). Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran di Taman Kanak- Kanak. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(1), 53–62.

Nurwahyuni, E., & Mahyuddin, N. (2021). Penilaian perkembangan bahasa anak usia dini umur 5-6 tahun pada masa new normal di taman kanak-kanak ridhotullah padang. Jurnal Cikal Cendekia, 2(1), 11-23.

Puteri, I. A. W. (2021). Analisa Latar Belakang Pendidikan Guru Terhadap Metode Mengajar Di Kelas. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 38-45.

Rahma, Z., & Fatonah, S. (2021). Penilaian dan Perkembangan Anak Usia Dini di Era Covid 19. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 34-43.

Rijali. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 91–92. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Rochyadi, I. (2014). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Paud Melalui Pendidikan Dan Pelatihan Guru Di Paud Bougenville. Jurnal EMPOWERMENT, 4(2252), 1–10.

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Suminah, Enah., Slantayani, Y., Paramitha, D., Ritayanti, U. & A. N. (2015). Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Uzlah, U., & Suryana, D. (2022). Kompetensi Guru PAUD Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3921–3930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2177

Wahyudin, Uyu & Agustin, M. (2012). Penilaian perkembangan anak usia dini. Bandung: PT Refika Aditama.

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 1(1).

Downloads

Published

31-01-2023

How to Cite

Sum , T. A., & Ratna , A. W. (2023). Kemampuan Guru Dalam Mengembangkan Instrumen Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Smart Paud, 6(1), 12–18. https://doi.org/10.36709/jspaud.v6i1.51