Implementasi Peran Guru Sebagai Pembimbing dalam Menanamkan Nilai Moral Pancasila pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.36709/jspaud.v6i2.54Keywords:
anak usia dini, nilai moral pancasila, pembimbing, peran guruAbstract
Nilai moral Pancasila sebaiknya dikenalkan sejak anak usia dini, agar kelak anak mampu membiasakan dan mengimplemtasikan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Tujuan dan fokus penelitian ini yaitu pada peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai moral Pancasila saat proses pembelajaran, serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang dilaksanakan di RA Baeturridlwan. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis deskripsi dilakukan untuk memperoleh gambaran peran guru sebagai pembimbing. Hasilnya guru mampu melakukan perannya sebagai pembimbing dengan cara mengintegrasikan nilai moral Pancasila melalui proses pembelajaran yang menekankan kepada perubahan sikap toleransi, sopan dan santun serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Orang tua menjadi faktor pendukung utama dengan memberikan contoh perilaku yang baik serta penguatan terhadap tata tertib atau peraturan di rumah. Lingkungan pergaulan yang kurang baik, kesadaran diri yang belum optimal, serta kurangnya pengawasan dari guru menjadi hambatan dalam menanamkan nilai moral Pancasila. Nilai moral Pancasila dapat meresap kesanubari anak usia dini melalui hubungan atau sinergi antara pendidik, orang tua dan lingkungan yang berorientasi pada pendidikan anak usia dini.
Downloads
References
Alaby, M. A. (2023). Urgensi Nilai Pancasila pada Anak Usia Dini. Journal on Teacher Education, 4(3), 102–111.
Amu, S., & Tampi, F. L. (2021). Metode Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Pinolosian Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. KIDSPEDIA : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 2.
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19–31. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Angelia, I. (2019). Menyontek Sebagai Bagian Dari Dekadensi Moral Bangsa. Journal of Civic Education, 2(2), 120–125. https://doi.org/10.24036/jce.v2i2.125
Ansyar, Putra, Z., Wajdi, F., Fazhillah, N., Firman, & Wahana, S. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 1 Wundulako Kabupaten Kolaka. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 5315–5321.
Ariska, W. (2021). Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Siswa Perspektif Pendidikan Islam. (Insitut Agama Islam Bengkulu).
Armiati, Y. (2022). Peran Guru Paud Dalam Penanaman Moral Anak Usia Dini Di Kelompok B Taman Kanak-Kanak Lestari Desa Srikaton Kec. Pondok Kelapa Kab. Bengkulu Tengah. (IAIN Bengkulu)
Benu, A. Y., Maria, A., Rafael, D., Baok, I., Tungga, I. Y., Niron, M. M. N., Ndolu, N. A., & Leo, V. P. (2022). Penerapan Nilai Moral Pancasila Dalam Mewujudkan Generasi Anti Korupsi di SD Negeri Osiloa Kupang tengah. Jurnal Pemimpin-Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 2(1), 13–17.
Cholid, N. (2021). Menjadi Guru Profesional. CV Presisi Cipta Media.
Dasopang, M. A., & Montessori, M. (2018). Pengaruh Lingkungan dan Kebiasaan Orangtua Terhadap Perilaku dan Sikap Moral Anak. Journal of Civic Education, 1(2), 98–107.
Dewi, I. K., & Rakhimahwati. (2021). Penanaman Nilai Moral Pada Anak Usia Dini Oleh Orang Tua Dalam Keluarga Di Jorong Koto Alam. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 5(1), 56–65.
Dewi, L. P., & Rachman, B. (2022). Penanaman Moral dan Karakter Anak Usia Dini dari Nilai-Nilai Pancasila dengan Metode Nyata Belajar di Ranah PAUD. Indonesian Journal of Society Engagement, 3(3), 130–144.
Hasanah, M. N., Pd, B. R. M., Studi, P., Guru, P., Usia, A., Indonesia, U. P., & Kunci, K. (2022). Penanaman moralitas dan nilai pancasila. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 65–71.
Ihsani, I., & Santoso, M. B. (2020). Edukasi Sanitasi Lingkungan Dengan Menerapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Kelompok Usia Prasekolah Di Taman Asuh Anak Muslim Ar-Ridho Tasikmalaya. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 289. https://doi.org/10.24198/jppm.v6i3.22987
Ipiana, & Triposa, R. (2020). Kajian Teologis Terhadap Peran Guru Agama Kristen Sebagai Pembimbing Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 6(2), 2087–7927. https://doi.org/https://doi.org/10.46965/jch.v3i1.11.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622
Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1).
Kemendikbud. (2019). Penguatan Pembelajaran Nilai Pancasila. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Khaeriyah, N., & Kurniawaty, L. (2021). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di TK Islam Kamilah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5260. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1666/1603
Kurniawaty, I., Faiz, A., & Purwati, P. (2022). Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5170–5175. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3139
Lahmuddin Lubis, Nahar, S., & Simbolon, I. K. (2021). The Role of Guidance Teachers in Optimizing Standards of Child Development Achievement Level in PAUD. EDUTEC : Journal of Education And Technology, 4(4), 711–727. https://doi.org/10.29062/edu.v4i4.186
Mabuka, O. (2021). Tata Tertib Sekolah Berperan Sebagai Pengendali Perilaku Siswa di SD Inpres Raja Kecamatan Morotai Selatan Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 360–372. https://doi.org/10.5281/zenodo.4724351
Meilani, E., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter Pancasila dalam Lingkungan Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 9247–9258.
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, R. dan T. (2022). Salinan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Mulyadi, Y. B. (2018). Peran Guru Dan Orangtua Membangun Nilai Moral Dan Agama Sebagai Optimalisasitumbuh Kembang Anak Usia Dini. DUNIA ANAK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 70–78. https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i2.389
Nafisah, A. D., Sobah, A., Yusuf, N. A. K., & Hartono, H. (2022). Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5041–5051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1865
Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119–127.
Permendikbudristek. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah.
Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972
Pratama, N. Y. P., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Membentuk Moral Bangsa yang Terkikis Akibat Benturan Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 962–968.
Rahman, M. H., Kencana, R., & Faizah, N. (2020). Pengembangan Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini. Edu Pulisher.
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501
Safitri, D. (2019). Menjadi Guru Profesional. Indragiri Dot Com.
Sari, D. Y., & Ulpah, F. (2023). Analisis Karakter Jujur pada Film Animasi Hafiz dan Hafizah. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1), 1–14.
Sofia, A., Nopiana, N., & Suryadi. (2021). Faktor Penunjang dan Penghambat dalam Pengembangan Kecerdasan Moral Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 599–610.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Penerbit Alfabeta.
Suparno, S. (2020). Konsep Penguatan Nilai Moral Anak Menurut Kohlberg. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 1(2), 58–67. https://doi.org/10.37812/zahra.v1i2.124
Widiatmoko, T. F., & Dirgantoro, K. P. S. (2022). Pentingnya Peran Guru Sebagai Pembimbing Dalam Mengatasi Perilaku Perundungan Di Kelas [the Importance of the Teacher’S Role As a Guide in Overcoming Bullying in the Classroom]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 6(2), 238. https://doi.org/10.19166/johme.v6i2.2072
Wuryaningsih, W., & Prasetyo, I. (2022). Hubungan Keteladanan Orang Tua dengan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3180–3192. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2330
Yulianty, N., & Suci, V. (2022). Analysis of the Implementation of Development-Based Guidance and Counseling at Early Childhood Education Institutions ( PAUD ) in Purwakarta Regency. 3(2).
Zalmi, R. Y., & Mahyuddin, N. (2021). Analisis Kesantunan Berbahasa Anak Pada Buku Cerita Bergambar Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Golden Age, 5(02), 482–492.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dianti Yunia Sari, Fauziah Ulpah, Ulfa Ramadhani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.