Kompetensi Manajerial Pada Kepala Taman Kanak-Kanak

Authors

  • Sitti Rahmaniar Abubakar Universitas Halu Oleo
  • Nanang Sahriana Universitas Tangerang Raya

DOI:

https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.7

Keywords:

kompetensi manajerial, kepala taman kanak-kanak, pendidikan anak usia dini

Abstract

Kepala Taman Kanak-Kanak adalah salah satu faktor yang sangat menentukan kesuksesan lembaga pendidikan anak usia dini karena merupakan pemegang puncak pimpinan dan pembuat keputusan. Oleh karena itu, kepala Taman Kanak-Kanak harus memiliki kompetensi manajerial yang baik agar mampu mengelola manajemen PAUD dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kompetensi manajerial kepala TK Bahari Poleang Bombana. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Subjek penelitian adalah kepala TK Bahari Poleang Bombana dan Guru. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan cara kondensasi data, tampilan data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa kepala TK Bahari Poleang Bombana memiliki kemampuan manajerial yang baik sesuai dengan prinsip manajemen kepemimpinan yaitu POAC (planning, organizing, actuating dan controlling). Kepala TK Bahari Poleang Bombana selalu merencanakan kegiatan, melakukan organisir, melaksanakan kegiatan sesuai dengan perencanaan awal dan melakukan pengawasan untuk mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan..

References

Adi. (2016). Implementasi Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Kecamatan Kuala Kampar Kabupaten Pelalawan Propinsi Riau. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(1), 1–16.

Amanda, R. S., & Suryono, Y. (2018). Hubungan Kemampuan Manajerial Kepala Satuan Paud dan Self-Efficacy Guru dengan Kinerja Guru di Kecamatan Bukit Kerman Kabupaten Kerinci Propinsi Jambi. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 204–214.

Anggraeni, G. N., & Nurabadi, A. (2016). Implementasi Peran Kepala Taman Kanak-Kanak (TK) Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 25(1), 10-17.

Anwar, M. (2020). Analisis Kepemimpinan Manajerial Kepala Paud Fajar Berkah Bagik Lonjer Desa Rensing Kec. Sakra Barat. Khatulistiwa, 1(2), 30-39.

Banun, S., & Usman, N. (2016). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada SMPN Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 4(1), 137- 147

Fitriyanti, Haryati, S., & Zuhairi, A. (2022). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1243–1251.

Gunawan, I., Djum, D., Benty, N., Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. B., Sari, D. N., Pratiwi, F. D., Ningsih, S. O., & Hui, L. K. (2019). Validitas Dan Reliabilitas Angket Keterampilan Manajerial Mahasiswa. Jamp; Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 2, 247–257.

Hartanti, T. (2016). Peningkatkan Kemampuan Dalam Penyusunan Rkjm Bagi Kepala Sekolah Sd Gugus Vii Durma Uptd Jebres Surakarta Tahun 2011/2012 Melalui Supervisi Manajerial. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 133–144.

Hermanto, Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Studi Kebijakan Kepala Sekolah Dalam Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Era New Normal Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1502–1508.

Ikhsandi, M. R. H., & Ramadan, Z. H. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1312–1320.

Jaya, W. S. (2022). Kinerja Guru Ditinjau Dari Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1286–1294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1738

Juliantoro, O. M. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Junal Al-Hikmah, 5(2), 24-38

Kasim, I., Wayong, M., & Maulana, A. (2019). Pengaruh Sistem Manajemen Dan Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 108–115.

Librianty, N. (2018). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di Sd Muhamadiyah Kota Bangkinang. Jurnal Basicedu, 2(289), 1–5.

Mardiyanti, F., & Setyaningsih, R. (2020). Implementasi Peran Supervisor Dalam Pengawasan Manajerial Dan Faktor-Faktor Memengaruhi Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah. Jamp; Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3, 308–313.

Mawson, B. (2011). Leadership Strategies in Early Childhood Children’s Leadership Strategies in Early Childhood, Journal of Research in Childhood Children, 25(4), 327–338.

Mulyadi. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budya Mutu. Malang: UIN Maliki Press.

Mulyasa (2007). Manajemen & Kepemimpinan Kepala PAUD. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa E. (2009). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mustari, M. (2022). Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogi di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2296-2303.

Nawawi, H., Hadari, M. M. (2006). Kepemimpinan Yang Efektif. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurasiah, dkk. (2015). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Di Sd Negeri 1 Peukan Bada Aceh Besar. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan Universitas Syiah Kuala, 3(3), 118-126

Patterson, W. G. (2016). How To Obtain A Principalship, A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 44(5), 310-314. https://Doi.Org/10.1080/00098655.1970.11478391

Purwanto, A., & Evicasari, E. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(6), 5706–5711.

Rafida, N., Rahman, A., et al. (2018). Impact Of Strategic Leadership On Organizational Performance, Strategic Orientation And Operational Strategy. Management Science Letters, 8(6), 1387–1398.

Rokhadi, R. (2020). Peran dan Strategi Kepala PAUD dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1), 7-15.

Rozalena, R., & Kristiawan, M. (2017). Pengelolaan Pembelajaran PAUD dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(1).

Sari, D. N. A., Bafadal, I., & Wiyono, B. B. (2018). Pelaksanaan Supervisi Manajerial Dalam Rangka Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah. Jamp; Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan. 1, 213–221.

Suarga. (2017). Efektivitas penerapan prinsip-prinsip kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan mutu layanan administrasi pendidikan. Jurnal Idaarah, 1(20), 23–33.

Suyitno. (2021). Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dan Peran Komite Terhadap Efektivitas Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1564–1576.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 tentang standar pendidikan nasional PAUD. Jakarta: Depdiknas.

Wahjosumidjo. (2007). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wahyuni, S., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Implementasi Peran Manajerial Kepala Sekolah dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1700-1705.

Wiyani, N A. (2017). Profesionalisasi Kepala PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Yuliani Tri, & Kristiawan, M. (2016). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membina Kompetensi Sosial (Pelayanan Prima) Tenaga Administrasi Sekolah. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 122–132. https://doi.org/10.31851/jmksp.v1i2.1013

Yunus, A. A. S. P., Hidayat, M. T., Djazilan, M. S., & Akhwani. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3625–3635.

Zulfan, Musifuddin, & Murcahyanto, H. (2021). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Sebagai Sistem Kontrol Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Operator Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6005–6010.

Downloads

Published

31-07-2022

How to Cite

Abubakar, S. R., & Sahriana, N. (2022). Kompetensi Manajerial Pada Kepala Taman Kanak-Kanak. Jurnal Smart Paud, 5(2), 107–116. https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.7