Penerapan Pembelajaran STEAM Menggunakan Media Berbasis Loose Parts Untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak
DOI:
https://doi.org/10.36709/jspaud.v6i2.75Keywords:
kecerdasan naturalis, loose parts , pembelajaran STEAMAbstract
Kecerdasan naturalis sangat penting untuk dimiliki anak agar anak mampu mengenali lingkungannya secara optimal. Kecerdasan naturalis dapat dicapai melalui media pembelajaran yang efektif, salah satunya menggunakan bahan pembelajaran yang disebut loose parts. Loose parts menjadi alat pembelajaran yang relevan dalam konteks pendidikan anak usia dini, membantu memenuhi kebutuhan perkembangan kecerdasan naturalis anak. Guru perlu mempertimbangkan penerapan pembelajaran STEAM berbasis loose parts untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk memberikan gambaran mengenai aktivitas belajar STEAM untuk PAUD yang minim cost melalui penggunaan media alternatif loose parts. Metode penelitian menggunakan desain quasi eksperimen-non equivalent control group design. Sampel penelitian anak usia 5-6 tahun sebanyak 15 anak di kelompok kontrol dan 16 anak di kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Data dianalisis menggunakan uji n-gain, uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan naturalis anak pada kelas kontrol berkembang pada kriteria rendah dengan nilai n-gain 0,3 dan kelas eksperimen pada kriteria sedang dengan nilai n-gain 0,6. Penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan pembelajaran STEAM menggunakan media berbasis loose parts untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak.
Downloads
References
Anjari, T. Y., & Purwanta, E. (2019). Effectiveness of the Application of Discovery Learning to the Naturalist Intelligence of Children About the Natural Environment in Children Aged 5-6 Years. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 296, 356–359. https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.65
Armstrong, T. (2003). Multiple Intelligences in the Classroom 3rd Edition. Education, 124(1), 115.
Asih, S., & Susanto, A. (2017). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Model Pembelajaran Di Sentra Bahan Alam. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 33–38.
Ata Aktürk, A., Demircan, H. özlen, Şenyurt, E., & Çetin, M. (2017). Turkish early childhood education curriculum from the perspective of STEM education: A document analysis. Journal of Turkish Science Education, 14(4), 16–34. https://doi.org/10.12973/tused.10210a
Diana, H., Diana, S., & Wulan, A. R. (2019). Hubungan antara kecerdasan naturalis dengan sikap lingkungan. Konferensi Internasional Tentang Biologi Dan Sains Terapan (ICOBAS).
Guyotte, K. W., Sochacka, N. W., Costantino, T., Walther, J., & Kellam, N. N. (2014). Cultivating Creativity in Transdisciplinary Spaces. Art Education.
Hapidin, Gunarti, W., Pujianti, Y., & Siti Syarah, E. (2020). STEAM to R-SLAMET Modification: An Integrative Thematic Play Based Learning with R-SLAMETS Content in Early Child-hood Education. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 262–274. https://doi.org/10.21009/jpud.142.05
Hartika, D., Diana, S., & Wulan, A. R. (2019). Relationship between naturalist intelligence with environmental attitude. AIP Conference Proceedings, 2120. https://doi.org/10.1063/1.5115717
Haughey, S., & Hill, N. (2018). NORTHWEST Adventist Early Childhood Education Loose Parts : A Start - up Guide. Retrieved from https://old.npuc.org/downloads/education/ece/ECEC_Winter_2018_Newsletter.pdf
Perignat, E., & Katz-Buonincontro, J. (2019). STEAM In Practice And Research: An Integrative Literature Review. Thinking Skills and Creativity, 31, 31-43 https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.10.002.
Priyanti, N., & Warmansyah. J., (2021). The Effect of Loose Parts Media on Early Childhood Naturalist Intelligence. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(2), 239–257. https://doi.org/10.21009/jpud.152.03
Putri, S. U., & Ayu, S. (2022). Respon Guru Terhadap Penerapan Pembelajaran STEAM PAUD. Prosiding Reorientasi PGPAUD dan Revitalisasi Peran Guru dalam Perspektif Merdeka Bermain Anak Usia Dini di Era Digital Abad 21, 337-344.
Putri, M. W., Muqodas, I., & Adjie, N. (2022). Analisis Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta,
Putri, S. U., & Pitria, P. (2022). Identifikasi Kemampuan Fluency Anak Usia Dini pada Pembelajaran STEAM Project Based Learning. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 147–155. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.307
Rocmah, L. I. (2016). Peningkatan Kecerdasan Naturalis Melalui Bermain Messy Play terhadap Anak Usia 5-6 Tahun. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 5(1), 47–56. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i1.88
Rossa, V. O. (2014). Optimalisasi Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Sains Dengan Media Boneka Horta. (Universitas Bengkulu).
Saripudin, A. (2017). Strategi Pengembangan Kecerdasan Naturalis Pada Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1394
Siantajani, Y. (2018). Playing with loose parts. Buku Terjemahan. Redleaf press.
Syamsuardi. (2012). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) di Taman Kanak-Kanak PAUD Polewali Kecamatan Tanete Riattang Barat Kabupaten Bone. Jurnal Publikasi Pendidikan, 2(1), 59–67.
Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Nurjanah, N. E., & Rasmani, U. E. E. (2019). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 305. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.305
Yulianty, R. (2012). Permainan yang Meningkatkan Kecerdasan Anak Modern & Tradisional. Jakarta: Naga Swadaya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Himmah Farida, Suci Utami Putri, Idat Muqodas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.