Dampak Pola Asuh Orang Tua dan Intensitas Penggunaan Gedget Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.36709/jspaud.v6i1.29Kata Kunci:
gadget, intensitas, pola asuhAbstrak
Merebaknya gedget yang dapat dioperasikan oleh anak usia dini memberikan dampak positif dan negatif jika tidak diimbangi dengan pola asuh yang baik dan benar. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dampak pola asuh orangtua dan intensitas penggunaan gedget pada anak usia dini. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola asuh orangtua yang diterapkan memberikan dampak pada intensitas penggunaan gedget yang berbeda, pertama pola asuh otoriter yang memberikan intensitas penggunaan gedget lebih sedikit pada anak, kedua pola asuh permisif dengan intensitas penggunaan gedget pada anak sangat tinggi dan bahkan tidak terbatas, ketiga pola asuh demokrasi yang memberikan intensitas penggunaan gedget yang relatif seimbang. Untuk itu orangtua harus memilih tipe pola asuh yang baik dan benar, sehingga akan memberikan dampak yang baik pada anak usia dini.
Unduhan
Referensi
Amanda, S. K. (2022). Gedget Positif dan Negatif. Retrieved 8 Februari 2022 form https://www.kompasiana.com/riinamanda/6201d778be4ffe57aff2/gaddetpositif-dan-negatif?page=all#section1.
Anggreni, N. K. D. A., Lindayani, I. K., & Budiani, N. N. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Lama Penggunaan Gedget Pada Anak Prasekolah. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 9(1), 8-12.
Aviani, D., Latiana, L., & Mulawarman. (2020). Dampak Gaya Pengasuhan Permisif Terhadap Penggunaan Gedget Pada Anak. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 69-74.
Baskoro, D. (2019). Menjadi Lebih Baik (parent healing). Jakarta: Elex Media Komputindo.
Djamarah, S. B. (2014). Pola Asuh Orang Tua Dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.
Doron, H., & Sharbani, A. (2013). Parental Authority Styles of Parents with Atlention Defict Disorders (ADD). Jurnal of social science, 1(6), 44.
Euis, S. (2014). Mengasuh Anak Dengan Hati. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.
Fauziyyah, I. W., Dian, W. A., & Pitayanti, A. (2021). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dalam Penggunaan Gedget pada Anak Dengan Prestasi Belajar di Sekolah (6-12 Tahun) Selama Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Ngawi. Journal JIC, 5(1), 34-40.
Fetty, W.C., & Ristiawanti. (2018). Hubungan Tipe Pola Asuh Orang Tua dengan Kebebasan Penggunaan Gedget pada Anak di SD Negeri Burat Kecamatan Kepil Kabupaten Wonosobo. Journal Komunikasi Kesehatan, 9(2), 18-28.
Haryati, D. (2019). Pola Asuh Orangtua dalam Pendampingan Penggunaan Gawai Pada Anak Usia Dini di Era Revolusi 4.0. Journal Noura, 3(1), 1-19.
Hasan, M. (2010). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jakarta: Diva Press.
Hurlock, E B. (2010). Perkembangan Anak II. Alih Bahasa: dr. Metasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.
Ibrahim, A. N. A., Erhamwilda, & Inten, D. N. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dalam Penggunaan Gedget Keapa Anak terhadap Perkembangan Bicara Anak Usia 3-4 Tahun di Kec.Cibeunying Kidul. Journal Early Childhood Teacher Education, 2(2), 62-68.
Lani, T. (2018). Perilaku Orang Tua Terhadap Penggunaan Gawai Anak Prasekolah Serta Dampak Pada Penglihatan Anak. (Universitas Airlangga Surabaya).
Lempang, S. T. (2019). Peran Orang Tua pada Pengawasan Penggunaan Smartphone Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Pontanakayang Kabupaten Mamuju Tengah. Journal Golden Age, 4(3), 22-31.
Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga: Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta: Prananda Media Group.
Longkuntoy, N. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepercayaan diri siswa smp kristen ranotongkor kabupaten minahara. Jurnal Ebiomedik, 3(1), 94.
Mahera, D. (2018). Orang Tua Tunggal Terhadap Penggunaan Gadget Pada Anak (Studi di Dusun Blaburan Kelurahan Bigo Kecamatan Nguwar Kabupaten Magelang). (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Mahmud, H. G., & Yulianingsih, Y. (2013). Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga. Jakarta: Akademia Permata.
Mussen, P. (2010). Perkembangan dan Kepribadian anak. Jakarta: Archan.
Najwa. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Mengantisipasi Dampak Penggunaan Gedget di Masa Pandemi Covid-19. Journal Bimbingan dan Konseling Islam, 5(1), 79-82.
Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak Penggunaan Gedget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Journal Teratai, 5 (3), 56-65.
Nurindah, F. (2021). Hubungan Intensitas Penggunaan Gedget dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Interaksi Sosial Anak Usia Prasekolah (4-6 Tahun). Journal Awladi, 6(2), 45-56.
Sa’angadah, N., Sufyanti, Y., & Krisnana, I. (2020). Gambaran Pola Asuh Orang Tua pada Anak Dengan Kecanduan Gedget. Journal BIMIKI, 8(2), 56-62.
Shochib, M. (2014). Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: Rineka Cipta.
Solina, D. F. (2020). Digitas Parenting Terhadap Anak Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal JIC, 6(1), 34-45.
Tridhonanto, A. (2014). Mengembangkan Pola Asuh Demokrasi. Jakarta: Gramedia.
Viandari, K. D., Susilawati, & Ary, K. P. (2019). Peran Pola Asuh Orang Tua dan Penggunaan Gedget Terhadap Interaksi Sosial Anak Prasekolah. Jurnal Psikologi Udayana77, 6(1), 76.
Yusuf, S. (2017). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Grafindo Persada.
Yusnita, A., & Setyowati, S. (2021). Kontribusi Pola Asuh Orang Tua dalam Penggunaan Gedget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Jombang. Journal PAUD Teratai, 10(1) 1-7.
Zulfitria. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dalam Penggunaan Smartphone pada Anak Sekolah Dasar. Journal HOLISTIKA, 1(2), 95-102.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Fitriana, Sukarno, Jamilah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.