Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru
DOI:
https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.24Keywords:
kepemimpinan, kepala sekolah, kompetensi pedagogik guruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, fokus penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-kanak Watoniyah Islamiyah Desa Sungai Pule Kecamatan Tembesi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan pengecekan keterpercayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi dan melakukan konsultasi ke pembimbing. Hasil penelitian kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Taman Kanak-kanak Watoniyah Islamiyah sudah berjalan dengan baik, dengan cara mengikutkan guru-guru KKG, workshop, pelatihan-pelatihan. Adapun kendala kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru adalah banyaknya tugas-tugas yang menyita waktu, dan juga waktu kegiatan peningkatan kompetensi guru bersamaan dengan kegiatan proses belajar mengajar sehingga guru tidak dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan rutin.
Downloads
References
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117
Aisyah, S., & Takdir, S. (2017). Implementasi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Di SMP Negeri 1 Wamena Kabupaten Jayawijaya. Jurnal Kepemimpinan dan Kepengurusan Sekolah, 2(2).
Andang. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: At-Ruzz Media.
Anggraeni, G. N., & Nurabadi, A. (2016). Implementasi Peran Kepala Taman Kanak-Kanak (TK) Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 25(1), 10–17.
Blomqvist, C., Agrell, C., & Sandahl, C. (2016). Leadership challenges of strategic research centres in relation to degree of institutionalisation. Journal of Higher Education Policy and Management, 38(6), 649–663. https://doi.org/10.1080/1360080X.2016.1211969
Botha, R. J., & Triegaardt, P. K. (2014). Distributive leadership as management strategy for school effectiveness: the place and role of the OSCAR coaching model in South African schools. Journal of Social Sciences, 40(2), 251–260. https://doi.org/10.1080/09718923.2014.11893322
Djafri, N., Arwildayanto, A., & Suking, A. (2020). Manajemen Kepemimpinan Inovatif pada Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Merdeka Belajar Era New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1441–1453. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.901
Fanani, Z., Mardapi, D., & Wuradji, W. (2014). Model asesmen kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah pendidikan dasar. Jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan, 18(1), 129–145. https://doi.org/10.21831/pep.v18i1.2129
Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3, 31–42. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90
Hartiningtyas, L., Purnomo, & Elmunsyah, H. (2016). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru SMK Melalui Pemberdayaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, 79–88.
Haudi, H., Fitria, H., & Wahidy, A. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Kompetensi Profesional Guru. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 118–123.
Hijrawan, R. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Satuan Pendidikan Islam Dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 4(1), 69–82. https://doi.org/10.34125/kp.v4i1.359
Hikmat. (2014). Manajemen Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Indriani, S., & Hasanah, E. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Mengembangka Profesionalisme Guru. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 6(1), 20–28. https://doi.org/10.31219/osf.io/kfvyg
Irwantoro, N. (2016). Kompetensi Pedagogik untuk Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Genta Group Production.
Mugizi, W., Tumuhaise, G., Samanya, B., & Dafiewhare, A. O. (2019). Leadership styles and retention of teachers in private primary schools in Bushenyi-Ishaka municipality, Uganda. Open Journal of Leadership, 8(04), 167. https://doi.org/10.4236/ojl.2019.84009
Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikat Guru. Bandung: PT. Remaja Rosada Karya.
Musfah, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Mutmainah, M. (2017). Perilaku Kepemimpinan, Iklim Sekolah Dan Sekolah Efektif. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 24(1), 163–172.
Nasukah, B., & Maunah, B. (2021). Kepemimpinan Transformasional Dalam Tinjauan Sejarah Dan Perkembangan Kajiannya Pada Bidang Pendidikan. Jurnal Kepemimpinan dan Kepengurusan Sekolah, 6(1), 38–48. https://doi.org/10.34125/kp.v6i1.574
Nasution, L., Sagala, S., & Daryanto, E. (2018). Kebijakan Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Pengembangan Staf dan Kurikulum Di SMA Negeri 2 Medan. EducanduM, 11(2), 1–12.
Nurmalina, N., Batubara, M. H., & Nasution, M. K. (2021). Pelatihan Pemantapan Kompetensi Guru Dalam Menghadapi UKG (Uji Kompetensi Guru). JPMA-Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 1(1), 16–23.
Purwanti, K., Murniari, A. R., & Yusrizal. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pada SMP Negeri 2 Simeulue Timur. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2), 390–400. https://doi.org/10.22373/jid.v14i2.510
Sturm, R. E., Vera, D., & Crossan, M. (2017). The entanglement of leader character and leader competence and its impact on performance. The Leadership Quarterly, 28(3), 349–366. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2016.11.007
Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam meningkatkan mutu pendidikan pada masa pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508–520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582
Sulistiyani, A. T. (2011). Kepemimpinan Profesional Pendekatan Ledership Games. Gava Media.
Suprijanto. (2007). Pendidikan Orang Dewasa Dari Teori Hingga Aplikasi. Bumi Aksara.
Widiyastuti, M., & Arikunto, S. (2015). Dinamika Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Sekolah Efektif Di Sd Kanisius Kadirojo, Sengkan, Duwet. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 82–96. https://doi.org/10.21831/amp.v3i1.6272
Wiji, W. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru SD Negeri Bancak 01 Kabupaten Pati. Pitutur Pesantenan, 1(1), 26–38.
Yuliani, T., & Kristiawan, M. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membina Kompetensi Sosial (Pelayanan Prima) Tenaga Administrasi Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 1(2), 122–132. https://doi.org/10.31851/jmksp.v1i2.1013
Yulk, G. A. (1997). Kepemimpinan dalam Organisasi, Alih Bahasa Jusuf Udaya. Jakarta: Prenhallindo.
Zainal, V. R. (2019). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zainal, V. R., Hadad, M. D., & Ramly, M. (2014). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Edisi Keempat. Jakarta: Rajawali Pers.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nila Dia Rahma, Siti Raudhatul Jannah, Siti Zukhairina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.