Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru

Penulis

  • Nila Dia Rahma UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Siti Raudhatul Jannah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Siti Zukhairina UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.24

Kata Kunci:

kepemimpinan, kepala sekolah, kompetensi pedagogik guru

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, fokus penelitian ini adalah kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-kanak Watoniyah Islamiyah Desa Sungai Pule Kecamatan Tembesi. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahap teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data, sedangkan pengecekan keterpercayaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, triangulasi dan melakukan konsultasi ke pembimbing. Hasil penelitian kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Taman Kanak-kanak Watoniyah Islamiyah sudah berjalan dengan baik, dengan cara mengikutkan guru-guru KKG, workshop, pelatihan-pelatihan. Adapun kendala kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru adalah banyaknya tugas-tugas yang menyita waktu, dan juga waktu kegiatan peningkatan kompetensi guru bersamaan dengan kegiatan proses belajar mengajar sehingga guru tidak dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan rutin.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 189–197. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117

Aisyah, S., & Takdir, S. (2017). Implementasi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Di SMP Negeri 1 Wamena Kabupaten Jayawijaya. Jurnal Kepemimpinan dan Kepengurusan Sekolah, 2(2).

Andang. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: At-Ruzz Media.

Anggraeni, G. N., & Nurabadi, A. (2016). Implementasi Peran Kepala Taman Kanak-Kanak (TK) Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 25(1), 10–17.

Blomqvist, C., Agrell, C., & Sandahl, C. (2016). Leadership challenges of strategic research centres in relation to degree of institutionalisation. Journal of Higher Education Policy and Management, 38(6), 649–663. https://doi.org/10.1080/1360080X.2016.1211969

Botha, R. J., & Triegaardt, P. K. (2014). Distributive leadership as management strategy for school effectiveness: the place and role of the OSCAR coaching model in South African schools. Journal of Social Sciences, 40(2), 251–260. https://doi.org/10.1080/09718923.2014.11893322

Djafri, N., Arwildayanto, A., & Suking, A. (2020). Manajemen Kepemimpinan Inovatif pada Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Merdeka Belajar Era New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1441–1453. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.901

Fanani, Z., Mardapi, D., & Wuradji, W. (2014). Model asesmen kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah pendidikan dasar. Jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan, 18(1), 129–145. https://doi.org/10.21831/pep.v18i1.2129

Fitrah, M. (2017). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Penjaminan Mutu, 3, 31–42. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i1.90

Hartiningtyas, L., Purnomo, & Elmunsyah, H. (2016). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru SMK Melalui Pemberdayaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, 79–88.

Haudi, H., Fitria, H., & Wahidy, A. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja terhadap Kompetensi Profesional Guru. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 118–123.

Hijrawan, R. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Pada Satuan Pendidikan Islam Dalam Upaya Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 4(1), 69–82. https://doi.org/10.34125/kp.v4i1.359

Hikmat. (2014). Manajemen Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Indriani, S., & Hasanah, E. (2021). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Upaya Mengembangka Profesionalisme Guru. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 6(1), 20–28. https://doi.org/10.31219/osf.io/kfvyg

Irwantoro, N. (2016). Kompetensi Pedagogik untuk Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Genta Group Production.

Mugizi, W., Tumuhaise, G., Samanya, B., & Dafiewhare, A. O. (2019). Leadership styles and retention of teachers in private primary schools in Bushenyi-Ishaka municipality, Uganda. Open Journal of Leadership, 8(04), 167. https://doi.org/10.4236/ojl.2019.84009

Mulyasa, E. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikat Guru. Bandung: PT. Remaja Rosada Karya.

Musfah, J. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Mutmainah, M. (2017). Perilaku Kepemimpinan, Iklim Sekolah Dan Sekolah Efektif. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 24(1), 163–172.

Nasukah, B., & Maunah, B. (2021). Kepemimpinan Transformasional Dalam Tinjauan Sejarah Dan Perkembangan Kajiannya Pada Bidang Pendidikan. Jurnal Kepemimpinan dan Kepengurusan Sekolah, 6(1), 38–48. https://doi.org/10.34125/kp.v6i1.574

Nasution, L., Sagala, S., & Daryanto, E. (2018). Kebijakan Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Pengembangan Staf dan Kurikulum Di SMA Negeri 2 Medan. EducanduM, 11(2), 1–12.

Nurmalina, N., Batubara, M. H., & Nasution, M. K. (2021). Pelatihan Pemantapan Kompetensi Guru Dalam Menghadapi UKG (Uji Kompetensi Guru). JPMA-Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 1(1), 16–23.

Purwanti, K., Murniari, A. R., & Yusrizal. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Pada SMP Negeri 2 Simeulue Timur. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(2), 390–400. https://doi.org/10.22373/jid.v14i2.510

Sturm, R. E., Vera, D., & Crossan, M. (2017). The entanglement of leader character and leader competence and its impact on performance. The Leadership Quarterly, 28(3), 349–366. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2016.11.007

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniawati, L., & Karsa, D. (2020). Strategi Kepala TK dalam meningkatkan mutu pendidikan pada masa pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508–520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582

Sulistiyani, A. T. (2011). Kepemimpinan Profesional Pendekatan Ledership Games. Gava Media.

Suprijanto. (2007). Pendidikan Orang Dewasa Dari Teori Hingga Aplikasi. Bumi Aksara.

Widiyastuti, M., & Arikunto, S. (2015). Dinamika Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Sekolah Efektif Di Sd Kanisius Kadirojo, Sengkan, Duwet. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 82–96. https://doi.org/10.21831/amp.v3i1.6272

Wiji, W. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru SD Negeri Bancak 01 Kabupaten Pati. Pitutur Pesantenan, 1(1), 26–38.

Yuliani, T., & Kristiawan, M. (2017). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membina Kompetensi Sosial (Pelayanan Prima) Tenaga Administrasi Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 1(2), 122–132. https://doi.org/10.31851/jmksp.v1i2.1013

Yulk, G. A. (1997). Kepemimpinan dalam Organisasi, Alih Bahasa Jusuf Udaya. Jakarta: Prenhallindo.

Zainal, V. R. (2019). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zainal, V. R., Hadad, M. D., & Ramly, M. (2014). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Edisi Keempat. Jakarta: Rajawali Pers.

Diterbitkan

2022-07-31

Cara Mengutip

Dia Rahma, N., Jannah, S. R., & Zukhairina, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Smart Paud, 5(2), 156–169. https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.24

Terbitan

Bagian

Articles