Pengaruh Pembelajaran Dalam Jaringan dan Parental Involvement Terhadap Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini

Authors

  • Nurhafizah UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Tuti Indriyani UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Zukhairina UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.36709/jspaud.v6i1.28

Keywords:

parental involvement, pembelajaran daring, sosial emosional

Abstract

Hadirnya virus Covid-19 yang melanda dunia mengakibatkan proses pembelajaran dilakukan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap kecerdasan sosial emosional, parental involvement terhadap kecerdasan sosial emosional dan pengaruh pembelajaran daring dan parental involvement terhadap kecerdasan sosial emosional. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis analisis jalur (path analysis). Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran daring terhadap kecerdasan sosial emosional anak sebesar 18,4% dengan total hitung 1,948<2,000, artinya H0 diterima H1 ditolak, kemudian pengaruh parental involvement terhadap kecerdasan sosial emosional anak  sebesar 14,8% dengan total hitung 1,613<2,000, artinya H0 diterima H1 ditolak dan pengaruh antara pembelajaran daring  dan parental involvement  terhadap kecerdasan sosial emosional anak  sebesar 33,4% dengan total nilai hitung sebesar 14,269>2,000, artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut menginformasikan bahwa pembelajaran daring dan parental involvement  jika dijalankan secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan akan tetapi jika dilaksanakan secara bersama-sama maka akan mempengaruhi proses peningkatan kecerdasan sosial emosional anak

References

Ahmad N.A., Hassan S.A., Ahmad A.R., Chua L.N., Othman N. (2017). Parental Involvement in Learning Environment, Social Interaction, Communication, and Support Towards Children Excellence At School. Journal of Sustainable Development Education and Research, 1(1), 83-90. https://doi.org/10.17509/jsder.v1i1.6247

Anderson, T. (2011). The Theory and Practice of Online Learning (2nd ed.). AU Press.

Edy, E., CH, M., Sumantri, M. S., & Yetti, E. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Dan Pola Asuh Terhadap Disiplin Anak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 221–230. https://doi.org/10.21009/jpud.122.03

Fauzyah, G. A. H., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2020). Pengaruh pendampingan orang tua pada pembelajaran daring terhadap kecerdasan emosional. Jurnal Pendidikan Dasar, 197–206.

Fitri, F., Laily, R., & Fahmi, F. (2022) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten. Journal Yinyang: Jurnal Studi Islam, Gender dan Anak. 17(1) https://doi.org/10.24090/yinyang.v17i1.5171.

Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013

Istiana, Y. (2021). Merancang Pembelajaran Daring Bagi Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 25. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.492.

Indah, A., Farida, M. (2021) Analisis Pembelajaran Berani Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).

Luqita, A., Susanti, A., & Paramita, P. P. (2013). Perspektif Guru terhadap Kemitraan antara Sekolah , Guru dan Masyarakat di SDN Inklusif di Surabaya. 2(2).

Miller, P. H. (2011). Theories of Developmental Psychology: Fifth Edition (5th ed.). Worth Publisher.

Morgan, A. J. (2016). Doing Good Parenthood: Ideals and Practice of Parental Involvement. Palgrave Macmillan Studies in Family and Intimate Life.

Naimah, K. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dinimelalui Kegiatan Makan Bersama Di Sekolah. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 7(1), 63-85. https://doi.org/10.5281/zenodo.3522844

Nuraini, Y. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks.

Nurhayati, S. (2021). Parental Involvement In Early Childhood Education For Family Empowerment. Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah,10(1), 54–62.

Raihana, R. (2018). Urgensi Sekolah Paud Untuk Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Generasi Emas, 1(1), 17. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2251

Sadikin, A., Hamidah, A., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B., Indah, M., Jaluko, K., Kode, K. M., & Indonesia, P. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). BIODIK, 6(2), 214-224.

Tantri, N. R. (2018). Kehadiran Sosial Dalam Pembelajaran Daring Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 19(1), 19–30. https://doi.org/10.33830/ptjj.v19i1.310.2018

Widyastuti, A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Daring Luring, BdR: Tantangan, Strategi, Solusi Pendidikan di Tengah Pandemi Covid – 19 dan Masa Depan. PT Elex Media Komputindo.

Wening, S.K., Panggung, S. (2021) Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). DOI: 10.31004/obsesi.v5i2.940.

Downloads

Published

31-01-2023

How to Cite

Nurhafizah, Indriyani , T., & Zukhairina. (2023). Pengaruh Pembelajaran Dalam Jaringan dan Parental Involvement Terhadap Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Smart Paud, 6(1), 19–31. https://doi.org/10.36709/jspaud.v6i1.28