Pengaruh Pembelajaran Dalam Jaringan dan Parental Involvement Terhadap Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.36709/jspaud.v6i1.28Kata Kunci:
parental involvement, pembelajaran daring, sosial emosionalAbstrak
Hadirnya virus Covid-19 yang melanda dunia mengakibatkan proses pembelajaran dilakukan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap kecerdasan sosial emosional, parental involvement terhadap kecerdasan sosial emosional dan pengaruh pembelajaran daring dan parental involvement terhadap kecerdasan sosial emosional. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis analisis jalur (path analysis). Hasil analisis data menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran daring terhadap kecerdasan sosial emosional anak sebesar 18,4% dengan total hitung 1,948<2,000, artinya H0 diterima H1 ditolak, kemudian pengaruh parental involvement terhadap kecerdasan sosial emosional anak sebesar 14,8% dengan total hitung 1,613<2,000, artinya H0 diterima H1 ditolak dan pengaruh antara pembelajaran daring dan parental involvement terhadap kecerdasan sosial emosional anak sebesar 33,4% dengan total nilai hitung sebesar 14,269>2,000, artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil tersebut menginformasikan bahwa pembelajaran daring dan parental involvement jika dijalankan secara parsial tidak memiliki pengaruh yang signifikan akan tetapi jika dilaksanakan secara bersama-sama maka akan mempengaruhi proses peningkatan kecerdasan sosial emosional anak
Unduhan
Referensi
Ahmad N.A., Hassan S.A., Ahmad A.R., Chua L.N., Othman N. (2017). Parental Involvement in Learning Environment, Social Interaction, Communication, and Support Towards Children Excellence At School. Journal of Sustainable Development Education and Research, 1(1), 83-90. https://doi.org/10.17509/jsder.v1i1.6247
Anderson, T. (2011). The Theory and Practice of Online Learning (2nd ed.). AU Press.
Edy, E., CH, M., Sumantri, M. S., & Yetti, E. (2018). Pengaruh Keterlibatan Orangtua Dan Pola Asuh Terhadap Disiplin Anak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 221–230. https://doi.org/10.21009/jpud.122.03
Fauzyah, G. A. H., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2020). Pengaruh pendampingan orang tua pada pembelajaran daring terhadap kecerdasan emosional. Jurnal Pendidikan Dasar, 197–206.
Fitri, F., Laily, R., & Fahmi, F. (2022) Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten. Journal Yinyang: Jurnal Studi Islam, Gender dan Anak. 17(1) https://doi.org/10.24090/yinyang.v17i1.5171.
Harahap, S. A., Dimyati, D., & Purwanta, E. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dan Luring Anak Usia Dini bagi Guru dan Orang tua di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1825–1836. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1013
Istiana, Y. (2021). Merancang Pembelajaran Daring Bagi Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 25. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.492.
Indah, A., Farida, M. (2021) Analisis Pembelajaran Berani Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3).
Luqita, A., Susanti, A., & Paramita, P. P. (2013). Perspektif Guru terhadap Kemitraan antara Sekolah , Guru dan Masyarakat di SDN Inklusif di Surabaya. 2(2).
Miller, P. H. (2011). Theories of Developmental Psychology: Fifth Edition (5th ed.). Worth Publisher.
Morgan, A. J. (2016). Doing Good Parenthood: Ideals and Practice of Parental Involvement. Palgrave Macmillan Studies in Family and Intimate Life.
Naimah, K. (2019). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dinimelalui Kegiatan Makan Bersama Di Sekolah. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 7(1), 63-85. https://doi.org/10.5281/zenodo.3522844
Nuraini, Y. (2012). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. PT Indeks.
Nurhayati, S. (2021). Parental Involvement In Early Childhood Education For Family Empowerment. Empowerment : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Luar Sekolah,10(1), 54–62.
Raihana, R. (2018). Urgensi Sekolah Paud Untuk Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Generasi Emas, 1(1), 17. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2251
Sadikin, A., Hamidah, A., Pinang, K., Jl, M., Ma, J., Km, B., Indah, M., Jaluko, K., Kode, K. M., & Indonesia, P. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). BIODIK, 6(2), 214-224.
Tantri, N. R. (2018). Kehadiran Sosial Dalam Pembelajaran Daring Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 19(1), 19–30. https://doi.org/10.33830/ptjj.v19i1.310.2018
Widyastuti, A. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Daring Luring, BdR: Tantangan, Strategi, Solusi Pendidikan di Tengah Pandemi Covid – 19 dan Masa Depan. PT Elex Media Komputindo.
Wening, S.K., Panggung, S. (2021) Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). DOI: 10.31004/obsesi.v5i2.940.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nurhafizah, Tuti Indriyani , Zukhairina
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.