Analisis Kompetensi Pedagogik Guru PAUD Non-Linear dalam Pembelajaran

Authors

  • Wakilatul Jannah Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Khoirul Holis Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Muhammad Kholidi Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Baitiyah Institut Agama Islam Negeri Madura

DOI:

https://doi.org/10.36709/jspaud.v6i2.65

Keywords:

guru, kompetensi, pedagogik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru PAUD non-linier se-Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. Studi pendahuluannya melibatkan pengawas PAUD kecamatan dan guru PAUD di Kecamatan Pasean, terutama bagi mereka dengan kualifikasi nonlinier. Guru-guru di kecamatan tersebut cenderung kurang mempersiapkan pembelajaran secara matang karena guru memiliki peranutama dalam mendidik dan harus mempersiapkan materi dengan baik. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini ialah survei deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru PAUD se-kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan, dan sampel 35 guru merupakan hasil sampel purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dengan skala Likert kemudian dianalisis dengan statistic deskriptif. Rata-rata skor kompetensi pedagogik guru PAUD nonlinier adalah 76,22, dengan kategori cukup baik. Mayoritas guru memiliki kompetensi yang cukup baik dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Pengembangan keterampilan dan kompetensi pedagogik guru dapat dilakukan melalui partisipasi dalam seminar, pelatihan, pemanfaatan teknologi, peningkatan kualifikasi pendidikan, dan partisipasi orang tua serta masyarakat. Guru perlu menjadi inovatif dalam memilih model pembelajaran yang sesuai dan sekolah perlu memberikan dukungan melalui program pelatihan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdillah, R., & Nirwana, E. S. (2023). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru AUD Non Linier Terhadap Proses Pembelajaran Pada TK/RA di Kelurahan Fajar Baru Kabupaten Bengkulu Utara. Journal Jendela Bunda PG PAUD UMC, 10(2), 171–187. https://doi.org/https://doi.org/10.32534/jjb.v10i2

Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23-30. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Aqylah, N., & Jarkawi. (2022). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru Pada Abad 21. Proceeding: Islamic University of Kalimantan.

Arikunto Suharsimi. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. In Jakarta: Rineka Cipta.

Ciptaningtyas, A., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Metode Pelatihan dan Persistensi Berpengaruh terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 635-651. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.440

Indriani, F. (2015). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengelola Pembelajaran IPA di SD dan MI. FENOMENA, 7(1). https://doi.org/10.21093/fj.v7i1.267

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 tentang Kurikulum 2013 PAUD. Kemendikbud Pendidikan Anak Usia Dini, 2025(1679), 1–67. https://repositori.kemdikbud.go.id/12861/1/permendikbud_tahun2014_nomor146.pdf

Latifah, U., Dina, I., & Mutiarawati, M. (2017). Peningkatan Ketrampilan Guru Paud Dalam Melakukan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 1(1). https://doi.org/10.30591/japhb.v1i1.686

Marwa, D. N., & Sumardi. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD Non Formal dalam Merencanakan dan Melaksanakan Pembelajaran. Jurnal Pelita PAUD, 6(1). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1395

Mirawati, M., Dewi, R. S., Anggarasari, N. H., Kh, E. F., Nugraha, F., Fidianti, A., & Laelasari, L. (2019). PPBK: Peningkatan Kemampuan Guru Paud Dalam Pengelolaan Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.35568/abdimas.v2i1.302

Munawir, M., Fitrianti, Y., & Anisa, E. N. (2022). Kinerja Guru Profesional Sekolah Dasar. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 8. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i1.6251

Nadar, W., Yuni, Y., & Hardiyanto, L. (2021). Peningkatan Kualitas Kompetensi Guru PAUD: Menjadi Guru Profesional. Jurnal Abdimas Prakasa Dakara, 1(1). https://doi.org/10.37640/japd.v1i1.945

Novitasari, D., & Fitria, N. (2021). GAMBARAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAUD MANGGA PANINGGILAN CILEDUG. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 3(2). https://doi.org/10.36722/jaudhi.v3i2.595

Rahma, N. D., Jannah, S. R., & Zukhairina, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Smart Paud, 5(2), 156–169. https://doi.org/https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.24

Republik Indonesia, P. (2005). Undang-Undang-Nomor-14-Tahun-2005.pdf (p. 17).

Farwan, R., Ali, M., & Lukmanulhakim. (2015) Pemahaman Guru Paud Terhadap Kompetensi Pedagogik. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(6), 1-17. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v4i6.10636

Sakti, B. P. (2020). Upaya Peningkatan Guru Profesional Dalam Menghadapi Pendidikan Di Era Globalisasi. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 74. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.632

Somantri, D. (2021). Abad 21 Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(2), 188–195. https://doi.org/10.25134/equi.v18i2.4154

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif. dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suharyati, H., Patras, Y. E., & Mulyati. (2019). Peningkatan Kemampuan Pedagogik Tenaga Pengajar Paud dalam Upaya Pemberdayaan melalui Keterampilan Literasi Digital Di Wilayah Kota Bogor. Jurnal DIFUSI, 2(2), 11-17. https://doi.org/10.35313/difusi.v2i2.1663

Sum, T. A. (2019). Kompetensi Guru Paud Dalam Pembelajaran Di Paud Di Kecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 68-75. https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i2.6096

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.287

Suntoro, I. R. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Penerapan Pembelajaran Tematik Secara Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 228–239. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i2.94

Downloads

Published

31-07-2023

How to Cite

Jannah, W., Holis, K., Kholidi, M., & Baitiyah. (2023). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru PAUD Non-Linear dalam Pembelajaran. Jurnal Smart Paud, 6(2), 72–81. https://doi.org/10.36709/jspaud.v6i2.65

Issue

Section

Articles