Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Menggambar Bentuk Pada Anak Kelompok B
Keywords:
bentuk, demonstrasi, menggambar, usia diniAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan menggambar bentuk pada anak kelompok B yang dilatarbelakangi oleh perlunya peningkatan kemampuan menggambar bentuk pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif menggunakan jenis one group pretest and posttest design. Penelitian ini juga merupakan penelitian populasi dengan populasi penelitian adalah jumlah seluruhanak kelompok B TK Pertiwi II Putren Nganjuk yang berjumlah 14 orang anak. Penelitian dilaksanakan sebanyak 6 kali pertemuan dengan pretest 1 kali, treatment 6 kali, dan posttest 1 kali. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon melalui program komputer IBM SPSS 26. Hasil analisis penelitian menggunakan uji Wilcoxon sangat signifikan yaitu diketahui Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,001 dimana nilai tersebut lebih kecil dari nilai 0,05, (0,001 < 0,05). Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan menggambar bentuk pada anak kelompok B.
Downloads
References
Asmuddin., Salwiah., & Arwih, M. Z. (2022). Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak-kanak Buton Selatan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3429-3438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2068
Cecep., Waskita, D. T., & Sabilah, N. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belaja Anak Usia Dini melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Tahsinia, 3(1), 63-70. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.313
Hayati, T., & Tawati, A. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Metode Demonstrasi Menggunakan Kerta Kokoru. JAPRA: Jurnal Pendidikan Raudhatul Athafal, 4(2), 30-42. https://doi.org/10.15575/japra.v4i2.12714
Imaji, N. (2021). Hubungan Aktivitas Menggambar Menggunakan Teknik Kering dengan Perkembanga Motorik Halus Anak Usia Dini. Generasi Emas: Jurnal Pendidika Islam Anak Usia Dini, 4(1), 35-43. https://doi.org/10.25299/jge.2021.vol4(1).6886
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15-28.
Mahmud, N. (2021). Meningkatkan Krativitas Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Menggambar pada Anak Kelompok A Paud Tuan Guru Alim. Jurnal Ilmiah: Cahaya PAUD, 3(2), 50-54. https://doi.org/10.33387/cp.v3i2.3628
Mukrimah, S. S. (2014). 53 Metode Belajar Pembelajaran. Indonesian University of Education
Pahrul, Y., Hartati, S., & Meilani, S. M. (2019). Peningkatan Kecerdasan Interpersonal melalui Kegiatan Menggambar pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Usia Dini 3(2), 461-469. DOI: 10.31004/obsesi.v3i2.186
Patmiati., & Komalasari, D. (2017). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Memeras Pada Anak Usia 3-4 Tahun di Paud Lestari Tambaksari Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 6(3), 1–7.
Tursina, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Dasar Anak Usia DIni melalui Metode Demonstrasi TK Islam Nasrullah. Jurnal Raudhah, 9(1), 141-152. http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v9i1.935
Suwarni, A., Machmud, H., Hewi, L., Anhusadar, L. O., & Ediyanti. (2022). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Pohon Huruf dengan Metode Demonstrasi pada Anak Usia Dini. Diniyah: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 52-60. http://dx.doi.org/10.31332/dy.v3i2.4529
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2021). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di TK selama Pembelajaran Daring saat Pendemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452-462. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626
Wulansari, M., Mastuti, N. L. P. H., & Indahwati, L. (2021). Pengaruh Stunting Terhadap Pemkembangan Motorik Halus, Motorik Kasar, Bahasa dan Personal Sosial pada Anak Balita Usia 2-5 Tahun di Desa Madiredo Kecamatan Pujo, Kabupaten Malang. Journal of Issues in Midwifery, 5(3), 111-120. https://doi.org/10.21776/ub.JOIM.2021.005.03.2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fadhila Dewi Nur Aini, Nurul Khotimah, Rachma Hasibuan, Dewi Komalasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.