Pengaruh Media Belajar Wayang Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun

Penulis

  • Alma Wydia Dharmastuti Taman Kanak-kanak PGRI
  • Anita Chandra Dewi Sagala Taman Kanak-kanak PGRI
  • Mila Karmila Taman Kanak-kanak PGRI

DOI:

https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.10

Kata Kunci:

kemampuan kognitif, lambang bilangan, media wayang angka

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media belajar wayang angka terhadap kemampuan kognitif anak dalam mengenal lambang bilangan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu degnan menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian merupakan anak kelompok A semester II TK PGRI Tanggel Winong tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 33 anak. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran wayang angka terhadap kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun kelas iman di TK PGRI Tanggel Winong. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji-t, diketahui nilai post-test kelas eksperimen diperoleh nilai t hitung = 8,35291 dengan taraf signifikansi sebesar 5% didapat tabel t pada dt 31 diperoleh nilai t tabel =  1,69552. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa t hitung > t tabel  yang berarti signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunakan media belajar wayang angka terhadap kemampuan kognifi anak dalam mengenal lambang angka.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Almira, F., Bahrun, & Fitriani, D. (2017). Mengenalkan Konsep Bilangan Pada Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Mendongeng Dengan Wayang Di Paud Madani Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 2(1), 76–88.

Andriyani, L. W., Mahadewi, L. P. P., & Tirtayani, L. A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Konsep Bilangan pada Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/PAUD.V4I2.7758

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Pertumbuhan Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 8(1), 50-58.

Elyndah. & Rianto, E. (2016). Pengaruh Media Wayang Angka Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Kelompok B. PAUD Teratai, 5(1), 1-6.

Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan dalam Proses Perubahan Sosial di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture, 12(4), 1–18.

Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1(76).

https://portaldik.id/assets/upload/peraturan/PERMEN KEMENDIKBUD Nomor 137 Tahun 2014 Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini%0A.pdf

Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Kencana.

Pebriana, P. H. (2017). Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Purnamasari, N. (2013). Peningkatan Kemampuan Membilang Menggunakan Balok Cuisenaire Pada Anak Kelompok A Tk Sunan Kalijogo Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. [Online]. Dapat diakses pada: http://eprints.uny.ac.id/15154/1.haspr

Retnaningrum, W. & Umam, N. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini melalui Permainan Mencari Huruf. Jurnal Tawadhu, 5(1), 25-34. https://doi.org/10.52802/twd.v5i1.120

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suja, M. I., Rukun, K., & Dwijayani, N. M. (2019). Development of Circle Learning Media to Improve Student Learning Outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 022099. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52–65. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385

Taulany, H., & Prahesti, S. I. (2019). Media Pembelajaran Wayang Huruf untuk Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 4-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(2), 71–83. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i2.361

Tresnawati, L. M. A., Wirya, I. N., & Made, T. I. (2014). Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Pohon Hitung untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif di TK Widya Suta Kerti Sulanyah. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.

Diterbitkan

2022-07-31

Cara Mengutip

Dharmastuti , A. W., Sagala , A. C. D., & Karmila , M. (2022). Pengaruh Media Belajar Wayang Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Anak dalam Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Smart Paud, 5(2), 47–52. https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.10

Terbitan

Bagian

Articles