Penerapan Kegiatan Senam Cinta Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak

Penulis

  • Rosnita Afiludin Universitas Halu Oleo
  • Afifah Nur Hidayah Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Syamzahrah Astarin Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jspaud.v7i`1.170

Kata Kunci:

hasil belajar, motorik kasar, senam cinta indonesia

Abstrak

Aktivitas fisik motorik sangat penting dalam mengembangkan keterampilan anak, dengan demikian anak harus aktif secara fisik untuk mengembangkan keteralmpilan motorik baru, melalui gerakan motorik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak melalui senam cinta indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak pada TK Negeri Nggele Kecamatan Taliabu Barat Laut yang berjumlah 15 anak. Yang berada pada rentang usia 5-6 tahun. Berdasarkan Hasil analisis dari data aktivitas mengajar guru dari pelaksanaan siklus I hingga siklus II mengalami peningkatan dari 76,47% menjadi 94,11% dan pada aktivitas belajar anak didik juga mengalami peningkatan dari 75% menjadi 93,75%. Disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar anak dapat ditingkatkan melalui Senam Cinta Indonesia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anggraini, N. (2021). Peranan orang tua dalam perkembangan bahasa anak usia dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43-54.

Ariani, I., Lubis, R. N., Sari, S. H., Fransisca, Y., & Nasution, F. (2022). Perkembangan Motorik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 12347-12354.http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10444.

Azmi, K., & Nurhidayani, N. (2022). Pengaruh Senam Kebugaran Jasmani Dalam Mengoptimalkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. Gelora: Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan IKIP Mataram, 9(2), 82-89. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/gelora/article/view/6582.

Dini, J. P. A. U. (2022). Strategi stimulasi perkembangan motorik kasar anak usia dini melalui maze karpet covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2553-2563.

Hasibuan, N. R. F., Fauzi, T., & Novianti, R. (2020). Pengaruh kegiatan senam irama terhadap kecerdasan kinestetik pada anak kelompok b tk mustabaqul khoir Palembang. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 118-123. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/33564.

Khadijah, M. A., & Amelia, N. (2020). Perkembangan fisik motorik anak usia dini: teori dan praktik. Prenada media.

Maghfiroh, S. T. (2020). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Senam Irama. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 8(1),40-46. https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/6875.

Ningrum, I., Hukmi, H., & Febrialismanto, F. (2021). Pengembangan Tari Kreasi Kampuong Lamo Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 127-133. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/1867.

Nurhayati, R. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang–Undang No, 20 Tahun 2003 Dan Sistem Pendidikan Islam. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 57-87. http://al-afkar.com/index.php/Afkar_Journal/article/view/123.

Rahman, K. I., & Khadijah, K. (2023). Optimalisasi Perkembangan Fisik Motorik Kasar pada Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 429-437. https://murhum.ppjpaud.org/index.php/murhum/article/view/238.

Rahmawati, S., & Ramlah, U. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak Melalui Senam Irama di TK Permata Bunda Loli Oge Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala. Ana'Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 50-61. http://www.anabulava.org/index.php/abulava/article/view/57.

Syafril, S., Kuswanto, C. W., & Muriyan, O. (2020). Dua cara pengembangan motorik kasar pada anak usia dini melalui gerakan-gerakan senam. Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 104-113. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/pelitapaud/article/view/1172.

Ubaedah, D., Fatimah, A., & Kusumawardani, R. (2019). Meningkatkan keterampilan motorik kasar melalui senam irama binatang. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak usia Dini, 6(1), 29-40. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/7370.

Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis penerapan senam irama dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844-1852.

Wanti, D. A. (2018). Meningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Senam Cinta Indonesia Di Tk Wijaya Kusuma. Pendidikan Guru PAUD S-1, 7(9), 768-776. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/13532.

Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Yuliantini, S., Widyasanti, N. P., Ariyana, I. K. S., Keban, Y. B., ... & Ayu, P. E. S. (2021). Teori dan aplikasi pendidikan anak usia dini. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Diterbitkan

2024-01-31

Cara Mengutip

Afiludin, R., Hidayah, A. N., & Astarin, W. O. S. (2024). Penerapan Kegiatan Senam Cinta Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak. Jurnal Smart Paud, 7(`1), 60–70. https://doi.org/10.36709/jspaud.v7i`1.170

Terbitan

Bagian

Articles