Evaluasi Program Pembelajaran Model Belajar dari Rumah Pada Taman Kanak-Kanak di Masa Pandemi

Penulis

  • Nur Aeni Muhlisa Dhafet Universitas Negeri Semarang
  • Haryono Universitas Negeri Semarang
  • Sri Sularti Dewanti Handayani Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.19

Kata Kunci:

belajar dari rumah, covid-19, evaluasi cipp

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi terhadap konteks (context), masukan (input), proses  (process) dan produk (product) pada pembelajaran model BdR di TK Negeri Pembina Semarang. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan orang tua anak. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Komponen Context berkaitan dengan pemahaman guru tentang tujuan pembelajaran dari rumah sudah baik, bahwa pembelajaran di TK sudah terpenuhi. Komponen Input berkaitan dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dibuat guru kelas  sudah sesuai dengan indikator yang ada dalam Permendikbud No. 22 Tahun 2016 terkait perencanaan pembelajaran dari rumah secara online dan home visit. Pada komponen proses BdR di TK yaitu dilaksanakan dengan metode pembelajaran online dan dengan melakukan home visit. Namun masih ada kendala yaitu kurangnya pengetahuan orang tua untuk selalu membimbing anak selama pembelajaran di rumah dilaksanakan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azanella, L. A. (2020). Penolakan Jenazah Pasien Covid-19, Mengapa Bisa Terjadi?. Retrieved from https://www.kompas.com/tren/read/202%0A0/04/13/110821765/penolakan-jenazahpasien-covid-19-mengapa-bisaterjadi?page=all.%0D/Accessed: 2020-4-4

Gomes, J., Almeida, S. C., Kaveri, G., Mannan, F., Gupta, P., Hu, A., & Sarkar, M. (2021). Early Childhood Educators as COVID Warriors: Adaptations and Responsiveness to the Pandemic Across Five Countries. International Journal of Early Childhood, 53(3), 345–366. https://doi.org/10.1007/s13158-021-00305-8

Halifah, S., & Nisa, K. (2020). Potret penyelenggaraan belajar dari rumah pada Raudhatul Athfal Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Studi kasus : Ra Baburrahman Tanuntung). Journal Educandum, 6(2), 294–307. https://doi.org/10.31969/educandum.v6i2.410

Hariyani, I. T. (2020). Pengembagan model BDR (Belajar dari rumah) untuk meningkatkan inovatif serta kualitas keterampilan AUD. Jurnal Lentera Anak, 1(1), 39–52. https://ejournal.unisnu.ac.id/jla/article/view/1503/Accessed:2021-8-10

Idrus. (2019). Evaluasi dalam proses pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Adaara, 9(2), 920–935.

Kahar, M. I. (2020). Pendidikan anak usia dini di masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak Ana’ Bulava, 1(2), 17–28. https://doi.org/https://doi.org/10.24239/abulava.Vol1.Iss2.8

Kemendikbud. (2020). Buku pendidikan tinggi di masa pandemi Covid-19. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Kebudayaan RI. Retrieved from www.dikti.kemdikbud.go.id/Accessed:2022-9-1

Khotijah, I., Kale, S., Mundiarti, V., & Bali, E. B. N. (2020). Peran guru dalam menanamkan kemandirian anak saat belajar di rumah pada masa pandemi covid-19. Journal Early Childhood Education and Development Studies (ECEDS), 1(2), 1–8. http://dx.doi.org/10.33846/eceds1101 Peran

RI, K. (2020). Apakah Coronavirus dan COVID-19 itu? Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Dan GERMAS. Retrieved from https://www.kemkes.go.id/article/view/20030400008/faq-coronavirus.html/Accessed:2021-12-10

Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900–912. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478

Siregar, R. L. (2017). Evaluasi hasil belajar pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 59–75.

Sudrajat, C. J., Agustin, M., Kurniati, L., & Karsa, D. (2021). Strategi Kepala TK dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 508–520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.582

Sujiono, Y N (2013) Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks. Retrieved from http://sipeg.unj.ac.id/repository/upload/buku/2a_buku_konsep_dasar_paud.pdf

Sulistiyana. (2020). Laporan pengabdian masyarakat. (Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang). Retrieved from https://repo-dosen.ulm.ac.id/handle/123456789/20324/Accessed:2022-8-9

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2021). Analisis kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah pada masa pandemi covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772–782. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Widoyoko, E. P. S. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Pustaka Pelajar.

Diterbitkan

2022-07-31

Cara Mengutip

Dhafet, N. A. M., Haryono, & Handayani, S. S. D. (2022). Evaluasi Program Pembelajaran Model Belajar dari Rumah Pada Taman Kanak-Kanak di Masa Pandemi. Jurnal Smart Paud, 5(2), 66–74. https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.19

Terbitan

Bagian

Articles