Pengaruh Metode Bercerita Berbantu Media Buku Cerita Sains Terhadap Sikap Ilmiah Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.20Kata Kunci:
anak usia dini, buku cerita sains, metode bercerita, sikap ilmiahAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh metode bercerita di TK, menganalisis pengaruh metode bercerita terhadap peningkatan sikap ilmiah anak, dan menganalisis perbedaan pengaruh metode bercerita terhadap peningkatan sikap ilmiah anak usia 5-6 tahun di TK Dharma wanita Kecamatan Batangan Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pretest posttest control group design. Teknik pengambilan data menggunakan lembar observasi sikap ilmiah. Uji hipotesis dilakukan mengunakan uji wilcoxon dan uji mann whitney. Analisis hipotesis uji wilcoxon dan uji mann whitney menunjukkan bahwa metode bercerita dengan media buku cerita sains terbukti berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan sikap ilmiah peserta didik usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Ketitangwetan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,005 lebih kecil dari 0,05, artinya ada perbedaan antara hasil belajar pretest dan postest sehingga dapat disimpulkan metode bercerita dengan media buku cerita sains terbukti berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan sikap ilmiah anak usia dini di TK Dharma Wanita Ketitangwetan.
Unduhan
Referensi
Agustin, L. D. (2011). Penggunaan Media Chart Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B di TK –SD Negeri bertaraf Internasional Tlogowungu Malang.Program Studi S1 PG-PAUD. (Universitas Negeri Malang).
Ayu, R. S. (2015). Pelaksanaan Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak di TK Masjid Syuhada’Yogyakarta. (UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Delima. (2017) Upaya Meningkatkan Pengetahuan Sains Melalui Pendekatan Eksplorasi Lingkungan Sekitar di TK Putra 1 Kota Jambi Kelompok B Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 185-196. http://dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.138
Dhieni, N., Fridana, L., Muis, A., Yarmi, G., & Wulan, S. (2011). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Univertitas Terbuka.
Ekawati, P., Sumarni, S., & Hasmalena, H. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Buku Cerita Materi Sains Tubuh Manusia Untuk Anak Usia 5-6 Tahun di Ra Perwanida 2 Palembang. (Universitas Sriwijaya).
Hakim, R. L. N., Nugraha, A., & Gustiana, A. D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Sains Berbasis Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Anak Usia Dini. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 17(1), 30-41.
Hayat, M. S. (2011). Pembelajaran berbasis praktikum pada konsep invertebrata untuk pengembangan sikap ilmiah siswa. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 1(2), 141-153.
Hsiao, C. Y., & Chang, Y. M. (2016). A Study of the Use of Picture Books by Preschool Educators in Outlying Islands of Taiwan. International Education Studies, 9(1), 1-19. https://doi.org/10.5529/ies.vgn1p1
Izzati, L. (2020). Pengaruh Metode Bercerita dengan Boneka Tangan Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 472–481. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.486
Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan media komik IPA model PBL untuk meningkatkan kemampuan berfikir analitis dan sikap ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 145-155.
Mirawati, M., & Nugraha, R. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Berkebun. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 1(1), 13-27.
Nuraeni, W., Nugraha, A., & Romadoni, N. F. (2017) Meningkatkan Kemampuan Sikap Ilmiah Anak Melalui Pembelajaran Sains Dengan Metode Inkuiri. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini, 14(1), 229-237.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Replublik Indonesia No. 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia dini. Jakarta.
Rahayuningsih, S., Pranoto, Y. K. S., & Latianaa, L. (2020). Peran Orangtua Dalam Mengembangkan Sikap Ilmiah Anak Usia 5–6 Tahun Melalui Bercerita Dan Bermain Sains. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 821-828.
Setiana, Y. N., Handayani, O. W. K., & Suminar, T. (2019). The Effect of Theme-Based Storytelling and Flash Card on Nutritional Knowledge in Early Childhood Education. Journal of Primary Education, 8(6), 342-350.
Shinta, D. (2014). Analisis Sikap Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran Yang Menggunakan Metode Pratikum Pada Materi Termokimia Reaksi Eksoterm Dan Endoterm Di SMA Negeri 4 Kota Jambi Kelas Xi IPA 1. (UIN Satu Tulungagung).
Sugianti, A. (2017). Metode pembelajaran cerita dan percobaan sains untuk mengembangkan sikap ilmiah pada anak usia dini. Retrieved from http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/21147
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan ; Penfekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta
Sya’bana, F. N. R., Azizah, E. N., & Wijayanti, A. (2021). Pengaruh Aktivitas Read Aloud Saat Belajar Dari Rumah Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 203-212.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Indraswari, Hartono, Yuli Utanto
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.