Upaya Meningkatkan Keberhasilan Belajar Anak Melalui Komunikasi Efektif

Penulis

  • Febi Rahmawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Maharani Damayanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Chitra Wulan Aprilia Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36709/jspaud.v6i1.32

Kata Kunci:

anak usia dini, komunikasi, pembelajaran

Abstrak

Komunikasi merupakan sebuah hal yang sangat penting dan di butuhkan dalam kehidupan setiap manusia, hal ini dikarenakan manusia akan selalu melakukann interaksi-interaksi dalam kehidupannya. Penggunaa komunikasi ini sangat dibutuhkan dalam seluruh aspek kehidupan, tak terkecuali Pendidikan. Komunikasi dalam Pendidikan memiliki urgensi yang cukup tinggi dalam menentukan keberhasilan sebuah intervensi Pendidikan, kunci komunikasi yang baik dalam Pendidikan adalah guru, bagaiman seorang guru dapat mengemas materi pembelajaran dalam bentuk komunikasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi efektif yang dapat dilakukan dalam proses pembelajaran di PAUD, yang dilakukan di TK Joykids National Plus, yang dipilih karena dianggap memiliki pembelajaran yang baik dan efektif, dilihat dari banyaknya prestasi akademis maupun non akademis serta keterampilan sikap yang dimiliki oleh para siswanya yang sangat baik. Desain penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif melalui metode observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan semakin baik kemampuan komunikasi yang dimiliki guru dalam menyajikan kegiatan belajar kepada anak maka semakin baik pula keberhasilan belajar anak dalam memahami pembelajaran yang diberikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anisa, F. W., Fusilat, L. A., & Anggraini, I. T. (2020). Proses Pembelajaran Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 158–163.

Annisa Azzahra, N., & Kuswandi, D. (2019). Pola Komunikasi Guru dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), 137-142. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.11917

Damayanti, P. D., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (Ape) Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. AS-SABIQUN, 4(2), 443–455. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i2.1780

Diputera, A. M., & Damanik, S. H. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Prototipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(1).

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Haryawati, Y., Kartadinata, S., & Supriatna, M. (2019). Tinjauan Ontologis Bimbingan Dan Konseling Anak Usia Dini (BK-AUD). Jurnal NARATAS, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.37968/jn.v1i2.31

Hermansyah, & Saputra, A. (2019). Model Interaksi Komunikasi Pembelajaran SD/MI. Jurnal Elementary, 2(1).

Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).

Inah, E. N. I. (2013). Peranan Komunikasi Dalam Pendidikan. Jurnal Al-Ta’dib, 6(1), 176-188.

Librianty, H. D., Yennizar, Susanti, N., & Hikmah, M. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru PAUD Dalam Melaksanakan Pembelajaran Berbasis Konsep Merdeka Bermain Di Kecamatan Maro Sebo Ulu Kabupaten Batanghari. AMMA : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(5).

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Rahmawati, F. (2022). Dampak Pola Asuh Demokratif dan Primisif Terhadap Kualitas Motorik Anak 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(1), 16–24. https://doi.org/10.23887/paud.v10i1.42518

Sucahyowati, H. (2017). Pengantar Manajemen: Sebuah Pengantar. Wilis.

Sudresti, N., Mustriwati, K. A., Oka, M., & Kamayani, A. (2017). Hubungan Penggunaan Komunikasi Sbar Dengan Kualitas Pelaksanaan Bedside Handover. Community of Publishing in Nursing, 5(2), 73-80.

Syarifa, C., & Kusuma, D. (2018). Integrasi Bahasa Inggris dalam Proses Pembelajaran (Chusnu Syarifa Diah Kusuma) Integrasi Bahasa Inggris Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi, 15(2), 43-50.

Trimantara, H., Mulya, N., & Liyana, U. (2019). Mengembangkan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Alat Permainan Edukatif Puzzle. AL ATHFAAL: JurnalIlmiah Pendidikan Anak Uisa Dini, 2(1), 25-34. https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4553

Zamzami, M. R., Rodhi, M., Stai, Z., Had, M. ’, Al-, A., & Malang, H. (2015). Penerapan Reward And Punishment Dalam Teori Belajar Behaviorisme. TA’LIMUNA; Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1-20.

Zuwirna. (2016). Komunikasi Yang efektif. E-TECH: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-8.

Diterbitkan

2023-01-31

Cara Mengutip

Rahmawati, F., Damayanti, M., & Aprilia, C. W. (2023). Upaya Meningkatkan Keberhasilan Belajar Anak Melalui Komunikasi Efektif . Jurnal Smart Paud, 6(1), 42–52. https://doi.org/10.36709/jspaud.v6i1.32

Terbitan

Bagian

Articles