Penggunaan Simbol Tangan/Hand Signuntuk Mengenalkan Sistem Solmisasi Angklung pada Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.36709/jspaud.v5i2.6Kata Kunci:
angklung, solmisasi, simbol tanganAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas dari penggunaan simbol tangan/hand sign dalam pengenalan solmisasi angklung. Penelitian ini menggunakan pendekatan Pre-eksperimen dengan desain penelitian group pretest-postest design. Instrumen yang digunakan yaitu lembar obervasi dan panduan wawancara. Sampel dalam penelitian ini yaitu 12 anak dari kelompok usia 5-6 Tahun. Hasil dari penelitian ini diantaranya yaitu, 1) hasil pretest menunukan anak belum bisa bermain angklung dengan benar atau tidak memahami simbol tangan/hand sign. 2) hasil postest memiliki sebuah peningkatan yang cukup signifikan dimana hasil perolehan N-Gain score yaitu sebesar 0,9833 dan masuk kedalam kriteria tafsiran tinggi yang berarti pembelajaran pengenalan solmisasi angklung dengan menggunakan simbol tangan terbukti efektif. 3) hasil wawancara dengan guru kelas di RA X menggungkapkan bahwa pembelajaran angklung dengan menggunakan simbol tangan terbukti efektif akan tetapi sulitnya guru dalam menghafal setiap simbol tangan dari setiap not pada angklung.
Unduhan
Referensi
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif : Teori Jean Piaget. Jurnal Intelektualita, 3(1), 27-37.
Marlina., Ali, M. & Halida. (2013). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Alat Musik Angklung pada Anak Usia 5-6 Tahun. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2(5), 1-15. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i5.2057
Meilani, S. N. (2019). Minat Bermain Musik Anak Usia Dini antara Bermain Perkusi dan Bermain Angklung. JAPRA: Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 2(2), 14-23. https://doi.org/10.15575/japra.v2i2.9725
Mulyani, N. (2017). Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Priyanto, S. U. (2013). Pendidikan Musik Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 2(1), 42-52.
Putri, D. R. K. (2012). Pembelajaran Angklung Menggunakan Metode Balajar Sambil Bermain. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 12(2), 116-124. https://doi.org/10.15294/harmonia.v12i2.2519
Putri, G. Y. & Yanuartuti, Setyo. (2020). Revitalisasi Budaya Melalui Permainan Musik Angklung untuk Menunjang Pendidikan Katakter Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 82-92. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i1.1145
Rahayu, A. S., Julia. & Isrok’atun. (2017). Penerapan Metode Kodaly untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Notasi Solmisasi Siswa pada Materi Simbol Nada. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 501-510. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.10020
Setyawati, T., Permanasari, A. T. & Yuniarti, T. C. E. (2017). Meningkatkan Kecerdasan Musikal Melalui Bermain Alat Musik Angklung (Penelitian Tindakan pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Kota Serang-Banten). JPKS: Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni, 2(1), 63-77. http://dx.doi.org/10.30870/jpks.v2i1.2503
Sunartin, A. A. & Setiaji, D. (2020). Pembelajaran Musik Angklung Melalui Metode Hand Sign Kodaly Pada Siswa Tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Ciamis. NATURALISTIC: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2a), 569-574. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v4i2a.813
Wulandari, R. (2021). Profil Lagu untuk Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 70-81. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5952
Wulandari, I. S. (2014). Pengaruh Pemberian Reward And Pusnishment Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli. Jurnal Pendidikan Olah raga dan Jasmani, 2(3), 599-604.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Cepi Ramdani, Idat Muqodas
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.