Pengembangan Buku Cerita ABALABA Untuk Meningkatkan Pengetahuan Anti Narkoba Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.36709/jspaud.v7i`1.85Kata Kunci:
anak usia dini, buku cerita, pengetahuan anti narkobaAbstrak
Penyalagunaan narkoba di Indonesia semakin meluas sehingga sangat diperlukan seorang pendidik untuk mengenalkan bahaya penyalahgunaan narkoba pada anak usia dini. Berdasarkan hal tersebut, tingkat kesadaran dalam pengetahuan pencegahan penyalagunaan narkoba untuk anak usia dini harus ditingkatkan lagi dengan menggunakan media dalam melakukan pembelajarannya, agar anak mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan buku cerita ABALABA untuk meningkatkan pengetahuan anti narkoba pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dalam penelitian ini yaitu 10 anak peserta didik kelompok B1 di TK Dharma Wanita Bandarkedungmulyo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan buku cerita ABALABA dari hasil validasi oleh para ahli materi mendapatkan hasil 100% dan kelayakan ahli media mendapatkan hasil 85,29% yang berarti buku cerita ABALABA sangat layak digunakan untuk anak usia 5-6 tahun. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa Asymp. Sing. (2-tailed) sebesar 0,004 sehingga 0,004 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata pretest dengan posttest yang mengalami kenaikan nilai skornya pada hasil posttest. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut buku cerita ABALABA efektif untuk meningkatkan pengetahuan anti narkoba pada anak usia dini.
Unduhan
Referensi
Aini, A. N., Setiadi, A. C., Mahdavika, A., & ... (2021). Analisis kepercayaan diri anak usia dini dalam kajian studi sosial. JP2KG AUD, 2(1), 41–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jt/article/view/16128
Ariana, R. (2016). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kompetensi Sosial Guru Paud. Pendidikan, Pegasuhan, Kesehatan, Dan Gizi Anak Usia Dini, 3(1), 1–23.
Branch, R. M. (2009). Approach, Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional Technology University of Georgia, 53(9).
Chayanti, D. F. N., & Setyowati, S. (2022). Pengaruh 5 Teknik Finger Painting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Kelompok B. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(1), 1–18. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.v3n1.1-18
Fatin, A. T., Muhammad Reza, S.Psi., M. S., Melia Dwi Widayanti, M. P., & Dewi Komalasari, S.Pd., M. P. (2022). Pengembangan Buku Panduan Program Pembelajaran Literasi Baca-Tulis Bagi Anak Usia Dini Aisyah Tsabitah Fatin Abstrak. Jurnal PAUD Teratai., 11, 126–135.
Halim, D., & Munthe, A. P. (2019). Dampak Pengembangan Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 203–216. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p203-216
Hatib, M. H., Mareta Wahyuni, R., Irma, W. R., & Zulkhairina, Y. (2020). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Direktorat PAUD.
Hendrawan, A. (2019). Gambaran Tingkat Pengetahuan Tenaga Kerja Pt’X’ Tentang Undang-Undang Dan Peraturan Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. Jurnal Delima Harapan, 6(2), 69–81. https://doi.org/10.31935/delima.v6i2.76
Masitha, K. D., & Reza, M. (2020). Pengembangan Buku Panduan Kegiatan Pembelajaran Anti Narkoba Pada Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun. PAUD Teratai, 9, 1–12. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/34213
Minar, M., & Wirdanengsih, W. (2021). Ngomix di Kalangan Remaja ( Studi Kasus pada Remaja Kecanduan Obat Batuk Komix di Kelurahan Kayu Kunyit , Bengkulu Selatan ) Universitas Negeri Padang Pendahuluan Sosialisasi sebagai proses belajar individu dalam kehidupan bermasyarakat , kehidupan yang b. Persspektif, 4(4), 772–784.
Miranda, D. (2018). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kreativitas Aud. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 18. https://doi.org/10.26418/jvip.v10i1.25975
Moreira, A., Vóvio, C. L., & de Micheli, D. (2015). Drug abuse prevention in school: Challenges and possibilities for the role of the educator. Educacao e Pesquisa, 41(1), 119–134. https://doi.org/10.1590/S1517-97022015011670
Musikal, K., Anak, P., & Dini, U. (2021). Pengaruh Youtube Konten Musik Anak Terhadap Kecerdasan Musikal Pada Anak Usia Dini. Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan, Dan Gizi Anak Usia Dini (JP2KG AUD), 2(2), 107–116.
Putri, M. S., Reza, M., Widayanti, M. D., & Komalasari, D. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Busy Book Dalam Meningkatkan Pengetahuan Mitigasi Bencana Banjir Pada Anak Usia 5-6 Tahun. KIDDO: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 66–77. https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i2.6483
Raihana, R., Nurhayati, S., & Muazimah, A. (2018). Pengenalan Narkoba Pada Anak Usia Dini Melalui Pendekatan Metode Bercerita. Generasi Emas, 1(2), 93. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(2).2570
Reza, M., Hasibuan, R., Khotimah, N., & Widayanti, M. D. (2022). Implementasi Perancangan Pembelajaran Anti Narkoba Anak Usia Dini Pada Guru Taman Kanak-Kanak. Kumara Cendika, 10(1).
Rizkiyah, P., & Ningrum, M. A. (2022). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 115. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1230
Ryan, Cooper, & Tauer. (2013a). Analisa Penggunaan Aplikasi Pendukung Pembelajaran Daring di PAUD Pada Masa Pandemi Covid-19. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(2), 12–26.
Ryan, Cooper, & Tauer. (2013b). Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan Untuk Mengembangkan Karakter Anak Pada Kelompok A. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(2).
Sa’diyah, S. A., Reza, M., Widayanti, D., & Komalasari, D. (2022). Studi Komparatif Kompetensi Profesional Guru Paud Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(1), 35–50. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.v3n1.35-50
Sihotang, R., MSi, St., Anggara, K., Supratman, D., Fitri Yuanita, E., Triyani Asih, Y., Juanita, W., Mayang, L., & Supriyono, A. (2020). Gapai Masa Depanmu Tanpa Narkoba (Issue 11).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Titis Sholikha, Reza , Sri Setyowat, Mallevi Agustin Ningrum
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.